News  

Gandeng IPSI dan PMI, Adnan Taufiq Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial di Jaktim

Anggota DPRD DKI Jakarta, Adnan Taufiq bersama PMI DKI Jakarta mengadakan Kegiatan sosial donor darah dalam rangka menghadapi pandemi covid pada tanggal 19 Desember 2020 GOR rawamangun, Jakarta Timur. Adnan Taufiq juga tercatat sebagai wakil ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) Kota Jakarta Timur.

IPSI sendiri didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah dan merupakan induk organisasi resmi cabang olah raga Pencak Silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Pencak Silat merupakan olahraga seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu, termasuk Indonesia. Jumlah perguruan pencak silat di Indonesia sangat banyak, berdasarkan catatan PB IPSI sampai sekarang ada lebih 840 perguruan pencak silat di Indonesia dan pengurus yang tersebar di 34 provinsi.

Olahraga Pencak Silat mendapat perhatian luas dan mencapai tingkat popularitas tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Khususnya pada SEA Games 2011 dan Asian Games 2018 saat Indonesia sebagai tuan rumah, sukses menyapu bersih seluruh medali. Sukses olah raga Pencak Silat di Indonesia adalah hasil dari sosok besar yang memiliki peranan penting, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Di tengah pandemi COVID-19, IPSI Jakarta Timur bekerjama dengan PMI DKI Jakarta berupaya turut berkontribusi positif bagi kemajuan Indonesia memberi bantuan bagi komunitas masyarakat di wilayah Jakarta Timur yang paling terdampak akibat pandemi, seperti tenaga medis, pekerja nonformal, serta masyarakat bawah dalam kategori dan area yang rentan.

Sepak terjang anggota DPRD DKI Jakarta, Adnan Taufiq, adalah salah satu contoh bagus bagaimana seorang wakil rakyat mau turun langsung membantu warga di Dapil yang diwakilinya di masa sulit saat ini. Prinsipnya, duduk bersama dengan orang yang kurang mampu dan membantu yang kurang beruntung bisa menghilangkan kesombongan dan meningkatkan rasa syukur di dalam hatimu.

Igor Dirgantara, Pengamat Politik.