Bersama 6 Menteri Baru, Jokowi Juga Lantik 5 Wakil Menteri Ini

Lima wakil menteri (Wamen) bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu pagi (23/12/2020). Mereka dilantik berbarengan dengan enam menteri baru.
“Nanti, lima wamen dilantik,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada detikcom.

Pelantikan bakal digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat. Berikut daftar wakil menteri yang bakal dilantik Jokowi pagi ini:

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi
Manusia;
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan;
4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian;
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara;

Herindra jadi Wamen Pertahanan, menggantikan Wahyu Sakti Trenggono yang ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang yang mundur dari kursi Menteri Kelautan dan Perikanan usai menjadi tersangka OTT KPK.

Pahala Nugraha Mansyuri jadi Wamen BUMN, menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang  ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Jokowi sebelumnya telah memperkenalkan enam menteri baru pada sore kemarin. Enam menteri baru yang akan masuk memperkuat Kabinet Indonesia Maju adalah sebagai berikut:

1. Tri Rismaharini (Risma) ditunjuk sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Salahudin Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama
5. Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. M Luthfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan

Eks Walikota Surabaya, Risma akan menggantikan Juliari Batubara sebagai Mensos. Juliari Batubara sendiri kena OTT KPK terkait dugaan suap bantuan sosial.

Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama di kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dan Muhammad Luthfi menggantikan Agus Suparmanto di kursi Menteri Perdagangan.

Acara pelantikan menteri baru dan wakil menteri juga dihadiri oleh anggota keluarga. Selain itu, juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dengan jumlah terbatas.