Gulung Arsenal 1-4 di Emirates, Manchester City ke Semifinal Piala Liga Inggris

Ambisi Manchester City mempertahankan gelar juara Piala Liga Inggris terus terjaga. The Citizens baru saja menang telak dengan skor 4-1 atas tuan rumah Arsenal pada babak perempatfinal yang berlangsung Rabu (23/12/2020) dini hari WIB di Stadion Emirates.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Anak buah Pep Guardiola langsung menggebrak sejak menit awal. Hasilnya, mereka sudah unggul pada menit ketiga. Umpan silang Oleksandr Zinchenko dari sisi kiri, mampu ditanduk dengan manis oleh Gabriel Jesus.

Unggul satu gol, tekanan Man City tidak juga mengendur. Aymeric Laporte mendapat kans bagus untuk menjauhkan tim tamu di menit 22. Sayangnya, sundulan pemain berkebangsaan Prancis itu, menyambut operan tendangan penjuru, masih meleset tipis.

Hingga pertengahan babak pertama, Arsenal sama sekali tidak bisa mengancam gawang Man City yang dikawal kiper pengganti Zack Steffen. Tuan rumah seperti kesulitan menembus lini tengah untuk mengalirkan bola ke depan.

Namun, Arsenal mampu menyamakan skor di menit 31 dari peluang pertama mereka. Umpan silang Gabriel Martinelli sukses ditanduk dengan manis oleh Alexandre Lacazette sekali pun mendapat pengawalan ketat Aymeric Laporte.

Sebuah penyelamatan gemilang dilakukan Alex Runarsson di menit 41. Ia sukses menutup ruang tembak Gabriel Jesus sehingga gagal menambah skor. Penyelamatan itu memastikan babak pertama berakhir sama kuat 1-1.

Babak Kedua

Tekanan coba ditingkatkan Man City memasuki babak kedua. Hasilnya, mereka mampu kembali unggul di menit 55 lewat tembakan bebas Riyad Mahrez. Bola sebetulnya mampu ditangkap Alex Runarsson, tetapi kemudian terlepas dari genggaman dan masuk ke dalam gawang.

Sang juara bertahan semakin menjauh di menit 59. Bola sodoran Fernandinho mampu diteruskan Phil Foden dengan cungkilan indah melewati Alex Runarsson. Andai ada teknologi VAR, gol itu mungkin dibatalkan karena kaki kanan Phil Foden dalam posisi offside ketika bola dioper.

Tim tamu semakin menjauh pada menit 73. Umpan silang Phil Foden berhasil diteruskan dengan sundulan Aymeric Laporte guna memaksa Alex Runarsson memungut bola keempat kalinya. Tidak ada tambahan gol tercipta sehingga Man City menang telak 4-1 dan melaju mulus ke semifinal.

Susunan Pemain

Arsenal: Alex Runarsson; Cedric Soares, Gabriel Magalhaes, Shkodran Mustafi, Sead Kolasinac; Dani Ceballos, Mohamed Elneny (Emile Smith Rowe 66’); Ainsley Maitland-Niles, Joe Willock, Gabriel Martinelli (Nicolas Pepe 49’); Alexandre Lacazette (Folarin Balogun 77’)

Cadangan: Bernd Leno, Kieran Tierney, Pablo Mari, Emile Smith Rowe, Eddie Nketiah, Folarin Balogun, Nicolas Pepe

Manajer: Mikel Arteta

Manchester City: Zack Steffen; Joao Cancelo, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Rodrigo Hernandez (Kyle Walker 77’), Fernandinho; Riyad Mahrez, Bernardo Silva (Ferran Torres 70’), Phil Foden; Gabriel Jesus (Sergio Aguero 74’)

Cadangan: Ederson Moares, Kyle Walker, John Stones, Ferran Torres, Raheem Sterling, Ilkay Gundogan, Sergio Aguero

Manajer: Josep ‘Pep’ Guardiola {okezone}