Bulutangkis

5 Pebulutangkis Tunggal Putra Indonesia Yang Pernah Juara Thailand Open

0

THAILAND Open jadi salah satu turnamen bulu tangkis bergengsi yang penyelenggaraannya sangat dinantikan karena selalu bertabur bintang. Turnamen Thailand Open sendiri diketahui mulai diadakan pada 1984 dan sempat terhenti beberapa tahun, yakni pada 1986, 1998, 2002, 2010, dan 2014.

Tetapi tahun ini, Thailand Open siap kembali digelar. Penyelenggaraan turnamen akan sedikit berbeda karena perubahan kalender BWF akibat merebaknya virus corona. Level turnamen pada tahun ini pun meningkat menjadi Super 1000.

Wakil Indonesia pun siap ambil bagian di kejuaraan tahun ini. Pada nomor tunggal putra, pemain andalan siap tampil, seperti Anthony Sinisuka Ginting hingga Jonathan Christie.

Sebelum melihat aksi mereka, mari menilik kiprah tunggal putra Indonesia sebelumnya. Berikut lima tunggal putra Indonesia yang pernah juara Thailand Open.

5. Icuk Sugiarto

Salah satu tunggal putra Indonesia yang pernah menjuarai Thailand Open ialah Icuk Sugiarto. Ia membawa harum nama Tanah Air di awal-awal penyelenggaraan turnamen Thailand Open.

Ya, pada penyelenggaraan Thailand Open 1984 dan 1985, Icuk Sugiarto berhasil merebut gelar juara.

Pada tahun itu, Indonesia tak hanya merebut gelar juara lewat aksi Icuk pada nomor tunggal putra, tetapi juga pada nomor ganda putra lewat aksi Christian Hadinata/Hadibowo (1984) dan Rudy Heryanto/Bobby Ertanto (1985).

4. Alan Budikusuma

Kemudian, ada nama Alan Budikusuma yang juga berhasil membawa harum nama Indonesia di pentas Thailand Open. Sama seperti Icuk, Alan Budikusuma juga berhasil dua kali menyabet gelar juara di ajang tersebut.

Tetapi, gelar tak diraih secara beruntun. Gelar juara pertama didapat pada 1989. Kemudian, gelar juara kedua didapat pada gelaran Thailand Open 1991. Pada 1990, gelar juara di nomor tunggal putra didapat oleh wakil tuan rumah, yakni Sompol Kukasemkij.

3. Joko Suprianto

Selain dua nama tersebut, ada juga Joko Suprianto yang merasakan manisnya menempati podium pertama di pentas Thailand Open. Jumlah gelar juara Joko Suprianto sendiri jauh lebih banyak ketimbang Icuk Sugiarto dan Alan Budikusuma.

Joko Suprianto tercatt tiga kali menjuarai Thailand Open di nomor tunggal putra. Pencapaian itu direbut secara beruntun sejak 1992 hingga 1994.

2. Hendrawan

Di urutan kedua, ada nama Hendrawan. Dia juga sudah dua kali berhasil merebut gelar juara di ajang Thailand Open. Tepatnya, hal itu dilakukan Hendrawan pada gelaran 1997 dan 2000.

Pencapaian Hendrawan pada tahun itu menjadi sangat berarti bagi Indonesia. Sebab, ia menjadi satu-satunya wakil Tanah Air yang merebut gelar juara Thailand Open pada 1997 dan 2000.

1. Sony Dwi Kuncoro

Terakhir, ada nama Sony Dwi Kuncoro. Sony merebut gelar juara Thailand Open pada 2012. Untuk bisa merebut gelar juara ini, Sony berhasil menyingkirkan lawan-lawan yang berat, termasuk unggulan pertama asal China, Lin Dan.

Pertemuan Sony dan Lin Dan terjadi di babak semifinal. Laga kala itu diselesaikan Sony dengan skor 21-17 dan 21-16. Gelar juara pun dipastikan menjadi miliknya usai mengalahkan wakil lain China, Chen Yuekun, dengan skor 21-17 dan 21-14. {okezone}

Kevin Schwant Sayangkan Kepergian Brivio Usai Bawa Suzuki Juara MotoGP 2020

Previous article

Tolak Vaksinasi COVID-19 Bisa Dipenjara 1 Tahun Atau Denda Rp.100 Juta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *