News  

GEMUVI: Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri, Pertegas Komitmen Kebhinnekaan dan Pluralitas

Desas desus siapa pengganti Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri terus menyeruak ke publik. Beredar kabar, nama-nama jenderal bintang tiga yang disodorkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Jokowi untuk menjadi calon Kapolri telah mengerucut.

Direktur Eksekutif Gerakan Muda Visioner (GEMUVI), Teofilus Mian Parluhutan menilai dari semua jenderal yang masuk radar publik, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo paling berpeluang menggantikan Idham.

Sejumlah kasus besar yang menyedot perhatian publik berhasil ditanganinya. Diantaranya, Teofilus menyebut, kasus buronan Djoko Tjandra yang kemudian menjerat dua jenderal di internal polri.

Selain itu, dia juga berhasil menetapkan delapan orang tersangka kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Kasus besar lainnya adalah pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 1,2 ton, 35.000 butir pil ekstasi dan 410 Kg ganja selama kurun waktu Mei-Juni 2020.

“Prestasi itu setidaknya menggambarkan bahwa Kabareskrim Bapak Komjen Listyo Sigit adalah jendral nomor wahid yang nanti dipilih pak Jokowi gantikan Jenderal Idham Azis , Baik dari sisi loyalitas kepada Presiden maupun profesionalisme kerja, Sigit merupakan seseorang yang layak menjadi Kapolri.” Ungkap teofilus

Teofilus juga menambahkan pemilihan Sigit yang berasal dari kalangan Nasrani merupakan momentum untuk mempertegas kebhinekaan Indonesia.

“Sejak Indonesia merdeka, kelompok minoritas jarang memegang jabatan publik utamanya di institusi kepolisian. Pemilihan Komjen Listyo Sigit dapat mempertegas komitmen kebhinekaan dan pluralitas Indonesia,” ujar Teofilus

Teofilus juga menambahkan bahwa sosok calon kapolri kedepan harus memiliki visi dan misi yang mengedepankan penegakan hukum serta memiliki satu pandangan dengan Presiden Jokowi.

“Berintegritas, mempunyai visi dan misi untuk kemajuan Polri ke depan, mengayomi masyarakat, menegakkan hukum dengan seadil-adilnya, dan mempunyai chemistry dengan Presiden. Itu semua terdapat di sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo” Tutup Teofilus