News  

Gagal Lolos Kartu Pra Kerja Gelombang 12? Masih Ada Gelombang Berikutnya!

Masa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 resmi ditutup pada, Jumat (26/2/2021) kemarin. Bagi kamu yang sudah mendaftarkan diri di gelombang 12 dan gagal lolos, jangan berkecil hati. Pasalnya, kamu masih punya kesempatan untuk daftar lagi di gelombang 13.

Kemungkinan tidak lolos saat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 12 memang selalu ada. Pasalnya, setiap gelombang mempunyai kuota untuk area dan periode tertentu.

Ketika mendaftar, kamu hanya bisa memilih gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Pada tahapan ini, yang perlu dilakukan adalah cek dashboard akun kamu untuk cek gelombang yang masih terbuka.

Nah, kini gelombang 12 sudah ditutup dan bersiaplah untuk menyongsong pendaftaran gelombang 13. Kalau kamu tidak dapat kuota di gelombang 12 lalu, kamu masih berkesempatan ikut seleksi gelombang berikutnya.

“Tentu kamu boleh mengikuti seleksi gelombang periode berikutnya. Di setiap gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu,” demikian bunyi penjelasan dalam laman resmi prakerja.go.id, dikutip pada Sabtu (27/2/2021).

Khusus untuk pendaftar yang gagal lolos di gelombang 12 dan ingin mendaftar lagi di gelombang 13, prosesnya tak perlu mengulang dari awal.
Ini berarti kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang.

“Jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal,” imbuhnya.

Bagaimana cara untuk tahu lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.

“Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu,” lanjut prakerja.go.id.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun kamu. Jika lolos, tentu saja kamu berhak mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif yang disiapkan.

Kapan bisa tahu lolos atau tidak?

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, untuk pengumuman pendaftar yang lolos sebagai peserta gelombang 12 bakal dilakukan pada pekan depan.

“Kita berusaha semaksimal mungkin minggu depan pengumuman penerima Prakerja gelombang 12 bisa dilakukan,” jelas Denni ketika melakukan media briefing secara virtual, Jumat (26/2/2021).

“Jadi kami berusaha semaksimal mungkin hari Selasa atau Rabu paling lambat, semoga saja sudah bisa diumumkan,” jelas dia.

Untuk diketahui, pada gelombang 12 kali ini, jumlah kuota peserta yang ditetapkan adalah untuk 600.000 orang. Namun demikian, Denni tidak menyebutkan jumlah pendaftar dari gelombang 12 hingga pendaftaran ditutup kemarin.

Program Kartu Prakerja gelombang berikutnya, yakni gelombang 13, juga bakal dibuka awal pekan depan.

“Gelombang 13 juga mungkin Selasa atau Rabu juga bisa dibuka, tidak perlu risau karena (PMO) pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja dengan cepat,” ujar Denni. {kompas}