Tekno

Layani Kirim dan Kelola Uang Dari Luar Negeri, YourPay Jadi Solusi Keuangan Para Pekerja Migran RI

0

YourPay punya solusi finansial untuk para pekerja migran Indonesia, yaitu menawarkan layanan pengiriman dan pengelolaan uang dari luar negeri.

Menurut pendiri YourPay Christilia Angelica Widjaja, YourPay memberi keleluasaan bagi pekerja migran asal Indonesia untuk mengendalikan penuh uang yang mereka peroleh, dan memberikan pendekatan lebih transparan.

“Masalah yang dihadapi pekerja migran Indonesia dalam mengelola dan mengirim uangnya ke rumah adalah nyata. Banyak dari mereka adalah pencari nafkah keluarga dengan kedua orang tua lansia sebagai tanggungan atau, anak yang di tinggal di rumah yang sebagian besar tidak memiliki rekening bank.

Hampir 85% pengguna YourPay adalah pekerja migran perempuan dan saya berbagi empati yang mendalam untuk mereka,” kata Christilia Widjaja dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (26/3/2021).

Hal yang dibutuhkan pekerja migran ini menurutnya hanya kemudahan mengirimkan uang dari negara tempat mereka bekerja ke rumahnya di Indonesia. Namun realitanya, hal tersebut cukup sulit dilakukan. Salah satu hambatan tersebut menurut Christilia adalah soal bahasa.

“Kami akhirnya memahami bahwa dalam kenyataannya, para pekerja migran sering kali dimanfaatkan oleh banyak perantara terkait pengiriman uang ataupun kerabat pihak ketiga yang umumnya membuat mereka menanggung risiko tinggi atau harus membayar biaya penanganan uang yang tinggi,” ujar Christilia.

“Segala keterbatasan yang ada membatasi mereka dari kendali penuh terhadap penghasilannya dan sulitnya bertransaksi langsung untuk berbagai kebutuhan hidup yang mendasar di rumah kampung halamannya,” jelasnya.

Ia mengklaim, sejak YourPay dirilis pada Juni 2020, volume transaksi kotor (GTV, gross transaction value) lewat layanannya itu mencapai Rp 90 miliar dari 45 ribu pengguna.

“Kami berharap YourPay bisa memberikan kontribusi bernilai dan nyata, membawa dampak yang signifikan dalam yang membuat dunia menjadi lebih baik, lebih adil, dan lebih inklusif bagi komunitas Pekerja Migran Indonesia,” jelas Christilia.

Cara mengirimkan uang lewat YourPay

Untuk menggunakan layanan pengiriman uang ini, pekerja migran dapat menyetor gaji mereka lewat outlet YourPay yang ada di negara tempat mereka bekerja. Uang tersebut akan masuk ke saldo YourPay, dan kemudian bisa dikirimkan ke negara asalnya dengan biaya Rp 2.500.

Selain itu bisa juga dipakai untuk keperluan lain, seperti membeli pulsa, membayar tagihan bulanan, dan lain sebagainya. YourPay punya 37 ribuan agen di negara seperti Indonesia, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong.

Mereka pun punya ekrja sama operasional dengan berbagai merchant seperti Alfamart, Alfamidi, 7Eleven, OK, Family Mart, dan Pegadaian. Untuk layanan finansial sendiri, YourPay fokus pada kemitraan dan kerjasama dengan beragam institusi seperti Nahdlatul Ulama, bank nasional dan daerah.

Menurut Christila, dia berharap melalui Yourpay pekerja migran bisa merencanakan dan mengelola keuangan mereka secara digital, real time, dan fleksibel dengan keamanan, dan efisiensi yang lebih baik, kapan pun dan di mana pun.

“Sejauh ini, YourPay berfokus untuk menyediakan biaya layanan yang rendah, meraih pertumbuhan eksponensial dan akuisisi pengguna secara cepat, dan menjaga keterlibatan pengguna dan tingkat retensi yang tinggi,” tutupnya. {detik}

Saleh Daulay: Pelarangan Mudik Lebaran Harus Dikawal Aparatur Yang Cukup

Previous article

Usia 23 Tahun Sudah Beli Hotel, Selebgram Awkarin Bikin Heboh Hingga Trending di Twitter

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *