Hasil F1 GP Bahrain 2021: Hamilton Menangkan Persaingan Sengit Dengan Verstappen

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, tampil sebagai pemenang di ajang Formula One (F1) GP Bahrain 2021. Akan tetapi, kemenangan ini tak didapat Hamilton dengan mudah karena ia harus bersaing sengit dengan pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Dalam balapan kali ini sebenarnya terjadi peperangan strategi antara tim Red Bull yang mengandalkan Max Verstappen kontra Mercedes yang menaruh harapan besar pada Lewis Hamilton. Sebab, keputusan untuk masuk ke pit memberi dampak besar terhadap berlangsungnya balapan.

Verstappen sendiri sejatinya memulai balapan kali ini dengan menempati pole position. Sedangkan Hamilton start dari posisi kedua. Situasi pun menjadi lebih menarik saat Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban menjadi tipe hard.

Hasilnya terbilang memuaskan karena dengan menggunakan ban tipe hard Hamilton mampu melaju lebih maksimal. Pembalap berjuluk The Boss itu pada akhirnya mampu mengambil alih posisi pertama dan unggul 2,5 detik atas Verstappen.

Di sisi lain, Red Bull sempat melakukan kesalahan saat memanggil Verstappen masuk ke pit. Kesalahan strategi ini membuat Hamilton unggul 6 detik atas Verstappen. Meskipun, pembalap berpaspor Belanda itu masih menempati posisi kedua.

Verstappen sempat memimpin balapan lagi saat Hamilton masuk pit. Akan tetapi, ia kembali harus ada di urutan kedua jelang akhir balapan lantaran masuk pit untuk mengganti ban. Saat memasuki 10 lap terakhir, Verstappen tertinggal 3,8 detik di belakang Hamilton.

Pada akhirnya, Hamilton berhasil mempertahankan tempat pertama hingga balapan selesai. Hasil ini seolah membuktikan bahwa Hamilton masih memiliki hasrat kuat untuk menjadi yang terbaik meski ia selalu tampil sebagai juara dunia dalam empat musim terakhir.

Sementara itu, rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, harus puas menduduki posisi ketiga pada balapan kali ini. Sempat mendapat tantangan dari pembalap McLaren, Lando Norris, namun Bottas mampu menjaga posisinya.

Hasil kurang bagus justru harus didapat oleh tim Scuderia Ferrari. Karena pembalap mereka, Charles Leclerc, hanya bisa menduduki posisi keenam. Sedangkan Carlos Sainz finis di urutan kedelapan.

Berikut hasil lengkap F1 GP Bahrain 2021:

1 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 56 Laps

2 Max Verstappen NED Red Bull Racing + 0.745s

3 Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 37.383s

4 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 46.466s

5 Sergio Perez MEX Red Bull Racing + 52.047s

6 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 59.090s

7 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 66.004s

8 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 67.100s

9 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 85.692s

10 Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team + 86.713s

11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 88.864s

12 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 lap

13 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 1 lap

14 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 lap

15 George Russell GBR Williams Racing + 1 lap

16 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 1 lap

17 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 lap

18 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 1 lap

DNF Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team 33 laps

DNF Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team 0 laps {okezone}