Valentino Rossi Cari Cara Berjaya Lagi di MotoGP Portugal 2021

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, bertekad untuk meraih hasil apik di MotoGP Portugal 2021. Balapan seri ketiga musim ini itu akan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu 18 April 2021, malam WIB.

The Doctor –julukan Valentino Rossi– tidak memulai musim ini dengan baik. Valentino Rossi tidak mampu mengeluarkan potensi maksimal dari motor Yamaha, YZR M-1, dalam dua balapan pertama musim ini yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar.

Valentino Rossi finis di posisi ke-12 di MotoGP Qatar 2021, lalu menyegel peringkat ke-16 di MotoGP Doha 2021. Hasil itu sangat buruk untuk Valentino Rossi yang merupakan legenda hidup MotoGP.

Valentino Rossi semakin terlihat buruk karena dua pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, justru berjaya di Sirkuit Losail. Vinales memenangkan MotoGP Qatar 2021 dan Quartararo menjadi yang tercepat di MotoGP Doha 2021.

Keberhasilan Vinales dan Quartararo menandakan, bahwa YZR M-1 sangat kompetitif musim ini. Motor Yamaha itu bisa berjaya di Sirkuit Losail yang sejatinya lebih menguntungkan motor Ducati, Desmosedici.

Oleh sebab itu, Valentino Rossi telah melakukan evaluasi dari penampilannya pada dua balapan perdana musim ini. Valentino Rossi bahkan melihat data Vinales dan Quartararom tetapi itu tidak terlalu membantu karena kedua pembalap itu punya gaya balap berbeda dengannya.

Valentino Rossi beralih pada motor YZR-M1 dan gaya membalapnya. Dia pun mendapatkan berbagai masukan untuk meningkatkan performanya dalam balapan dari para insinyur. Pembalap asal Italia itu akan mencoba untuk meraih hasil positif pada akhir pekan ini.

“Yamaha meraih satu kemenangan dalam dua balapan pertama, tetapi melihat data dari Vinales dan Quartararo tidak memiliki dampak yang menentukan di cakrawala.

Apa yang kami lihat dari data adalah bahwa setiap pebalap (Yamaha) memiliki gayanya sendiri. Itu normal bahwa mereka semua mirip, tetapi berbeda,” kata Valentino Rossi, mengutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (16/4/2021).

“Jadi, mari coba bekerja pada motor, pada pengaturan, pada bagian yang berbeda, tetapi juga banyak pada gaya mengendarainya. Semua insinyur mencoba memberikan saran penting untuk meningkatkan cara Anda mengerem, cara Anda berkendara, dan lainnya. Kami akan mencoba lagi akhir pekan ini,” tuturnya.

Perjuangan Valentino Rossi untuk bangkit di MotoGP Portugal 2021 tidak akan mudah. Sebab, persaingan memperebutkan kemenangan dan podium semakin berat usai pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali dari cedera.

Sekadar informasi, Marc Marquez adalah rival Valentino Rossi sekaligus pembalap terkuat di kejuaraan dalam beberapa musim terakhir ini. {okezone}