Dukung Penuh Vaksin Nusantara, Siti Fadilah: Jika Terbukti, Kita Dapat Harta Karun

Eks Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari mendukung penuh Vaksin Nusantara yang digagas oleh eks Menkes Terawan Agus Putranto.

Menurutnya, jika vaksin tersebut terbukti berhasil, Siti Fadilah menggambarkan Indonesia seperti mendapatkan harta karun luar biasa.

Hal itu disampaikan oleh Siti Fadilah saat berbincang bersama Karni Ilyas di kanal YouTube Karni Ilyas Club.

“Kalau Vaksin Nusantara terbukti, kita dapat harta karun luar biasa. Satu, produksi dalam negeri. Kedua, inovasi dari anak bangsa,” kata Siti Fadilah seperti dikutip Beritahits.id, Minggu (18/4/2021).

Siti Fadilah mengakui, Vaksin Nusantara saat ini masih melalui proses penelitian. Namun, jika memang ternyata vaksin tersebut tidak bekerja dengan baik maka sudah seharusnya Terawan berbesar hati mengakuinya.

“Kalau tak terbukti ya maaf saja memang tak bisa diteruskan, tapi kalau terbukti kan bagus,” ungkapnya.

Siti Fadilah menjelaskan, Vaksin Nusantara bukanlah sebuah vaksin, melainkan imunoterapi yang sangat cocok terutama untuk orang lansia dengan penyakit penyerta atau komorbid.

Hal itulah yang membuatnya bersedia menjadi relawan Vaksin Nusantara, sebab ia memiliki komorbid.

Siti Fadilah mengaku lebih rela menjadi relawan dibandingkan harus disuntik dengan vaksin yang telah disediakan oleh pemerintah. Sebab, ia khawatir dengan berbagai efek yang akan ditimbulkan.

“Yang dikembangkan pak Terawan itu bukan vaksin tapi imunoterapi, jadi untuk lansia yg punya komorbid seperti saya sangat tepat bila imunoterapi atau pemberian daya tahan tubuh secara personal,” ungkapnya.

Ia mengaku mengenal sosok Terawan sudah sangat lama dan memahami betul karakter Terawan yang sangat sungguh-sungguh dalam melakukan sebuah penelitian.

“Saya tahu persis sifat dia kalau mau meneliti itu nekat, kalau punya pendapat kekeh, pendapatnya logis,” tuturnya. {suara}