Marc Marquez Pensiun, Pedro Acosta Jadi Juara MotoGP Termuda?

MARC Marquez (Repsol Honda) mengaku akan pensiun dari MotoGP ketika tak lagi tampil kompetitif. The Baby Alien –julukan Marc Marquez– menilai, daripada tak sanggup lagi bersaing memperebutkan kemenangan, juara dunia enam kali MotoGP itu lebih memilih santai di rumah.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Ucapan di atas relevan dengan aksi Marc Marquez dalam dua race awal comeback di MotoGP 2021. Setelah absen sembilan bulan akibat patah lengan kanan, Marc Marquez kesulitan bersaing di barisan depan dalam dua race awal turun di MotoGP 2021.

Setelah finis ketujuh di MotoGP Portugal 2021, The Baby Alien cuma menyelesaikan balapan di tangga kesembilan MotoGP Spanyol 2021. Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Marc Marquez kembali ke performa terbaiknya?

Merujuk kepada ucapan Marc Marquez di atas, jika sampai akhir musim tak kunjung sanggup memenangkan balapan, bukan tak mungkin rider asal Spanyol itu memutuskan pensiun dari MotoGP.

Setelah Marc Marquez pensiun, siapa sosok yang dapat menggantikan figur juara dunia enam kali kelas MotoGP tersebut?

Sepertinya kita harus bersabar sampai pembalap Moto3, Pedro Acosta, promosi ke kelas MotoGP. Pedro Acosta tampil luar biasa di Moto3 2021. Dari empat race awal, rider 16 tahun ini tiga kali menang. Sementara itu di satu race lainnya, Pedro Acosta finis di posisi dua.

Jika lancar, Pedro Acosta paling cepat tampil di MotoGP 2023. Akankah Pedro Acosta langsung menjadi juara, sekaligus merebut status juara dunia termuda (19 tahun) di kelas premier?

Peluang itu ada. Bahkan pujian sudah dilayangkan juara dunia tiga kali kelas MotoGP, Jorge Lorenzo. Jorge Lorenzo menilai, Pedro Acosta lebih hebat ketimbang dirinya, Valentino Rossi, Casey Stoner, Dani Pedrosa hingga Marc Marquez.

“Valentino Rossi yang dianggap banyak orang sebagai pembalap terbaik dalam sejarah balap motor, hanya memenangkan satu balapan pada debutnya pada 1996,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web.

“Saya, Casey Stoner, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez tak bisa meraih satu pun kemenangan,” lanjutnya.

Saat ini, status juara dunia MotoGP termuda dipegang Marc Marquez. Ketika menjuarai MotoGP 2013, usia Marc Marquez 20 tahun 266 hari. Rekor Marc Marquez ini dalam ancaman Pedro Acosta yang bisa menjadi kampiun MotoGP di usia 19 tahun pada 2023. {okezone}