Salip Verstappen di 6 Lap Akhir, Hamilton Juara F1 GP Spanyol 2021

Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang dalam balapan Formula One (F1) GP Spanyol. Hamilton berhasil menyalip pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen di enam lap akhir dan keluar sebagai pemenang.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (9/5/2021) malam WIB berjalan sengit sejak awal. Setelah berduel sengit, Max Verstappen harus mengakui kehebatan Hamilton.

Ini merupakan kemenangan ketiga Hamilton pada musim ini. Kemenangan ini pun memberi catatan apik bagi pembalap berpaspor Inggris setiap mentas di Sirkuit Catalunya. Sebab, ini merupakan kemenangan kelimanya secara beruntun di Sirkuit Catalunya.

Jalannya Balapan

Pada awal balapan, pembalap Tim Red Bull, Max Verstappen memulai langkahnya dengan baik. Start dari posisi kedua, Verstappen berhasil mengambil alih posisi pertama dengan melewati pembalap Mercedes yakni Lewis Hamilton.

Selain itu, pembalap Ferrari yakni Charles Leclerc yang start dari posisi empat juga sukses menikung pembalap Mercedes lainnya yakni Valtteri Bottas pada awal balapan. Pembalap asal Monako itu menempati urutan ketiga setelah melewati Bottas.

Hingga lap ke-15, Verstappen pun masih tampil sebagai pemimpin balapan diikuti Hamilton. Walau sempat terjadi safety car, tetapi posisi Verstappen tidak goyah. Begitu pula dengan Leclerc yang menempati urutan ketiga, tetapi ditempel ketat oleh Bottas.

Kecepatan Verstappen dan Hamilton kemudian tak terbendung. Kedua pembalap tersebut begitu nyaman di posisi terdepan hingga menjauhi para pembalap lainnya, termasuk Leclerc yang berada di urutan ketiga.

Akan tetapi perubahan posisi terjadi pada urutan ketiga dan keempat setelah semua pembalap menyelesaikan pit stop pertamanya. Bottas sukses mengambil alih tempat ketiga dan menggusur Leclerc ke urutan keempat.

Hingga 10 lap terakhir, Verstappen tidak terbendung walau sempat ditempel ketat oleh Hamilton. Namun bencana datang bagi Verstappen ketika Hamilton mampu menikungnya pada enam lap terakhir. Kesalahan strategi Verstappen dalam melakukan pit stop kedua ternyata memberi hasil buruk.

Setelah menikung Verstappen, Hamilton begitu nyaman berada di depan memimpin jalannya balapan. Bahkan jarak mereka semakin jauh, ketika Verstappen mengambil pit stop kedua. Alhasil hingga balapan berakhir, Hamilton sukses memastikan kemenangan di F1 GP Spanyol.

Berikut hasil lengkap F1 GP Spanyol 2021:

1 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 66 Laps
2 Max Verstappen NED Red Bull Racing +15.841s
3 Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team +26.610s
4 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow +54.616s
5 Sergio Perez MEX Red Bull Racing +63.671s
6 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team +73.768s
7 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow +74.670s
8 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1 laps
9 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 1 laps
10 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 1 laps
11 Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 laps
12 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 laps
13 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 laps
14 George Russell GBR Williams Racing + 1 laps
15 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 laps
16 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 laps
17 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 1 laps
18 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 2 laps
19 Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team + 2 laps
DNF Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda 8 Laps {inews}