Perjalanan BTS, Dari Boy Band ‘Miskin’ Hingga Jadi Bintang Dunia

BTS merupakan salah satu boy band asal Korea Selatan yang fenomenal. Saat ini Bangtan Sonyeondan menjadi grup musik kenamaan seantero dunia.
Perjalanan karir grup dengan 7 member ini tidak mulus begitu saja.

Perjuangan yang berat telah mereka lewati. Dikutip dari Time, pada 2010 lalu agensi yang menaungi BTS, Big Hit merekrut RM sebagai rapper. Kemudian agensi juga merekrut Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook karena bakat menyanyi, menari dan rap mereka.

Tiga tahun kemudian, BTS mulai melakukan single debut “No More Dream” yang isinya mengritik tekanan sosial di Korea. Seperti ekspektasi tinggi pada anak sekolah, kesehatan mental hingga dukungan untuk hak-hak LGBTQ.

Dari berbagai sumber, disebutkan Big Hit saat itu bukanlah agensi besar. Namun saat debut, semangat BTS sangat membara. Hingga mereka merilis video klip We Are Bullettproff PT.2 yang berhasil mencuri perhatian pecinta musik Kpop.

Mereka bertujuh dulunya tinggal di sebuah dorm kecil dan tidur di ranjang susun, sangat sederhana. Namun hal ini pula yang membentuk kekompakan mereka hingga sekarang.

Agensi yang menaungi BTS memang memahami cara untuk membuat BTS menjadi lebih tenar dibanding sebelumnya. Mereka merilis album Dark and Wild sampai mulai tur pertama ke Jepang lalu mulai menggelar tur-tur berikutnya di banyak negara.

Tahun 2015 BTS berhasil menyabet banyak penghargaan mulai dari World Rookie Award Gaon Chart Music Award, Disk Bonsang Golden Disc Awards sampai Best World Performer Mnet Asian Music Awards.

Di tahun yang sama BTS juga berada di posisi ketiga dalam Billboard’s World Digital Chart dan tampil di Billboard studios.

Pada 2016 BTS sukses dengan album barunya WINGS dan langsung menduduki posisi puncak Billboard. Mereka merupakan artis Korea pertama dengan penjualan album tertinggi yang dicatat Billboard.

Untuk pre order penjualan album fisik WINGS sebanyak 500.000 dan jumlah penjualan digital sebanyak 600.000. Tahun ini pula BTS mengantongi penghargaan best album of the years di ajang melon music awards.

Nama BTS terus mendunia, mereka berkolaborasi dengan penyanyi seperti Halsey, DJ Aoki, Lil Nas X, Sia, Nicky Minaj, Becky G, Zara Larsson, Charli XCX dan Lauv.

Kesuksesan BTS ini berhasil mengantarkan Big Hit untuk melantai di bursa saham. Dari Initial Public Offering (IPO) Big Hit mengantongi jutaan dolar AS. Harga sahamnya saat itu mengalami lonjakan.

Big Hit berhasil mengumpulkan 963 miliar won dan itu merupakan IPO terbesar sepanjang sejarah Korea Selatan. Saat ini Big Hit bernilai 8,7 triliun won. Membuatnya lebih besar dibanding agensi terbesar sebelumnya di Korsel seperti JYP Entertainment, SM Entertainment dan YG Entertainment.

Hal ini karena BTS yang menyumbang 97% dari penjualan Big Hit tahun 2019 lalu. Sekarang BTS sedang berkolaborasi dengan restoran cepat saji McDonald’s dengan membuat paket BTS Meal.

Sebelum dengan McD, BTS juga menjadi brand ambassador sejumlah perusahaan besar seperti Hyundai, Louis Vuitton, Puma, Fila, Tokopedia, LG Electronics, Samsung, VT Cosmetics, Mediheal, Innisfree, Lotte Duty Free, Baskin Robbins, Coway, Netmarble, sampai KB Bukopin.

Dikutip dari seoulspace.com para member BTS memiliki gaji pokok US$ 8 juta. Selain itu setiap anggota BTS punya 68.000 saham HYBE yang go public pada Oktober 2020 lalu. Saham ini bernilai US$ 8 juta untuk setiap anggotanya. {detik}