PKB Nusa Banyuwangi Buka Dapur Umum Di Lokasi Bencana Longsor dan Banjir

Terjadi bencana longsor dan banjir di kabupaten Banyuwangi dua hari lalu, rabu (16/6/2021). Tanah longsor terjadi di dusun Sadang, desa Pakel setelah hujan deras yang ada di Kecamatan Licin sejak sore.

Sedikitnya dua rumah mengalami kerusakan parah, hingga rata tanah. Beberapa lagi mengalami kerusakan sedang. Selain itu juga mengakibatkan satu warga meninggal dunia tertimbun longsor dan beberapa mengalami luka.

Adapun banjir juga terjadi di kecamatan Muncar dan merendam 4 desa yakni Desa Kedungrejo, Desa Wringinputih, Desa Kedungringin dan Desa Sumberberas, Kamis (17/6/2021).

Banjir terjadi sejak dinihari hingga sekitar pukul 10.00 WIB. Dengan ketinggian banjir 50cm hingga 100cm.

Mengetahui kejadian bencana tersebut puluhan kader milenial PKB Banyuwangi beserta PKB NUSA langsung turun ke lokasi melihat kondisi dan memberikan bantuan spontanitas.

Dipimpin Gus Zidny dan Arvy Rizaldy pendiri dan ketua PKB Nusa, hadir juga M Arif Wijaya Ketua Garda Bangsa dan Gus Anton Yahya Ketua Barak Bangsa, sejak kemarin hadir di lokasi hingga sore ini menjelang magrib (18/06/21).

“Kita kemarin rombongan hadir di desa pakel kecamatan licin secara spontanitas, selain melihat langsung juga sedikit memberikan bantuan sementara untuk saudara kita yang tertimpa musibah longsor kemarin malam, Terang Gus Zidny.
Dan hari ini tadi juga (18/6/21) baru saja selesai membagikan sembako kepada sebagian masyarkat di empat desa di muncar yang terdampak banjir kemarin (16/6/21).

Sementara Arvy Rizaldy menyebutkan mereka yang tertimpa musibah ini mayoritas warga NU, dan PKB Nusa adalah organisasi otonom PKB yang memang dibentuk salah satunya menjembatani kegiatan PKB yang berdampak langsung pada kebutuhan warga NU.

“Mungkin bantuan yang kami berikan tak seberapa nilainya, hanya beberapa baju layak pakai, makanan, vitamin, sembako sedikit uang untuk di desa pakel.” kata Arvy

Tapi hari ini tadi PKB Nusa membuka dapur umum untuk warga yang terdampak tanah longsor di Pakel kecamatan licin, insyallah dapur umum akan kita buka hingga beberapa hari ke depan.

“Dan bagi kami bencana adalah bencana, apapun bentuknya, seyogyanya saling bantu. Dan inilah bentuk kepedulian PKB Nusa sobo deso, yang saling menyapa, berbagi dan menguatkan,” pungkas Politisi dan Pengusaha Muda Banyuwangi ini.