Salip Lewis Hamilton, Max Verstappen Juara GP Prancis 2021

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen menjadi juara Formula One (F1) Grand Prix (GP) Prancis 2021 di Sirkuit Paul Ricard, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Pembalap Belgia itu eraih posisi pertama setelah berhasil menyalip Lewis Hamilton.

Pada awal balapan, Verstappen membuat kesalahan. Dia gagal memanfaatkan pole position karena melebar, embuat pembalap Mercedes-AMG, Lewis Hamilton berhasil mendahuluinya.

Hamilton pun kemudian mampu memanfaatkan situasi dengan baik. Meski Verstappen berusaha mengejar, Hamilton mampu menjaga keunggulannya yang tipis.

Memasuki putaran ke-18, Valtteri Bottas yang menempati posisi ketiga memulai mengganti ban. Verstappen kemudian menyusul satu putaran kemudian, dan Hamilton merespon di putaran ke-20.

Meski begitu, Hamilton gagal menjaga keunggulannya atas Verstappen. Dia malah keluar di belakang Verstappen, yang agresif dalam membawa mobilnya berbekal ban baru.

Walau demikian, adalah Sergio Perez yang memimpin balapan. Dia mampu membawa mobilnya bertahan lebih lama, sehingga baru pada putaran ke-25 mengganti bannya dan menyerahkan posisi terdepan kepada Verstappen.

Memasuki putaran ke-33, Verstappen membuat perjudian dengan kembali mengganti ban lebih awal. Dia pun keluar di posisi ketiga, sementara Hamilton memimpin.

Ketika baru keluar dari pit, jarak Verstappen dengan Bottas di posisi kedua mencapai 8 detik. Tetapi, dalam waktu beberapa putaran saja, Verstappen mampu memangkas jaraknya. Pada putaran ke-43, dia hanya terpaut 0,7 detik saja.

Hasilnya, Verstappen mampu merebut posisi kedua dari tangan Bottas satu putaran kemudian. Dengan 10 putaran tersisa, dia langsung memburu Hamilton yang melenggang ke depan.

Kejar-kejaran sengit terus berlangsung antara Verstappen dan Hamilton. Pada putaran ke-52, Verstappen berhasil menyalip Hamilton dan memenangkap F1 GP Prancis 2021 setelah menyelesaikan lap ke-53. {okezone}