HeadlineKesehatanNews

Positif COVID-19 Hasil Tes Swab Antigen Atau PCR? Jangan Panik! Ikuti Panduan Ini

0

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, meminta warga tidak perlu panik saat terdiagnosis positif Covid-18 hasil tes swab Antigen/PCR.

Untuk warga yang mendapat hasil positif pada tes Antigen, pastikan segera melakukan tes PCR di Puskesmas secara gratis atau laboratorium lainnya secara mandiri.

Adapun langkah saat dinyatakan positif pada saat tes Antigen/PCR sebagai berikut:

1. Lapor kepada RT/RW/Puskesmas setempat.
2. Sementara isolasi mandiri dahulu di rumah, tetap memakai masker yang baik di rumah, pisahkan diri dari anggota keluarga yang lain.
3. Pastikan kontak erat di lingkungan rumah/kerja segera melakukan tes PCR.
4. RT/RW dan Puskesmas akan membantu monitoring harian kondisi pasien.

Puskesmas akan menentukan langkah tata laksana yang akan dilakukan oleh pasien sesuai kondisi masing-masing; apakah akan isolasi mandiri di rumah/lokasi isolasi mandiri terkendali/RS.

Yang perlu masyarakat ketahui dan perhatikan juga, jika merasakan gejala tapi saat tes Antigen dinyatakan negatif, sebaiknya tetap lakukan tes PCR. Karena, orang yang dinyatakan positif saat tes Antigen, hampir pasti juga dinyatakan positif pada saat tes PCR.

Tetapi jika negatif saat tes Antigen, belum tentu hasilnya negatif pula pada saat tes PCR dan bisa saja positif saat dites PCR, apalagi jika bergejala. {sindo}

Remaja Diperkosa Oknum Polisi di Mapolsek, Polri Minta Maaf

Previous article

Habib Rizieq Shihab ke Hakim PN Jaktim: Sampai Jumpa Di Pengadilan Akhirat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *