News  

Khalid Zabidi: Mahasiswa Sekarang Pakai Meme Langsung Viral, Dulu Corat-Coret Tembok Paginya Hilang

Perkembangan teknologi menjadi keuntungan tersendiri bagi milenial zaman sekarang. Melalui teknologi, pesan bisa cepat tersebar hingga ke pelosok negeri.

Demikian pesan yang dituliskan aktivis mahasiswa angkatan 1998 dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Khalid Zabidi, di laman Facebook miliknya, Selasa (29/6).

“Mahasiswa sekarang lebih enak mengkritik pemerintah dan presiden. Kritik melalui desain meme di medsos langsung viral menjadi isu nasional,” ujar Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) DKI Jakarta itu.

Pernyataan Khalid Zabidi itu tidak secara langsung disampaikan untuk mengomentari kritik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia kepada Presiden Joko Widodo lewat akun Twitter @BEMUI_Official yang sedang viral dan jadi pembicaraan banyak kalangan.

Dalam kritiknya, BEM UI memberikan gelar The King of Lip Service untuk Jokowi. Mereka mengutip pemberitaan sejumlah media tentang janji-janji yang pernah disampaikan pemerintah dan dinilai belum terwujud.

Khalid Zabidi menceritakan pengalaman dirinya dan aktivis mahasiswa angkatannya di masa lalu yang harus “bergadang, ngumpet, dan diam-diam anonim.”

“Sekelompok mahasiswa membuat poster protes, selebaran gelap dan corat-coret tembok kampus. Alhasil pagi hari bersih, karena dini hari dicopot dan dihapus oleh satpam yang piket,” demikian Khalid Zabidi. {rmol}