Isolasi Mandiri Olimpiade Tokyo 2020, Para Pebulutangkis Indonesia Latihan Ringan Di Kamar

Timnas bulu tangkis Indonesia kini sudah berada di Prefektur Kumamoto, Jepang, jelang mentas di Olimpiade Tokyo 2020. Saat ini, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan pun tengah melakukan isolasi mandiri selama empat hari.

Selama masa isolasi tersebut, timnas bulu tangkis Indonesia melakukan latihan ringan di dalam kamar. Hal ini dilakukan sembari menunggu hasil tes Covid-19.

Selama isolasi, tim Indonesia belum dibolehkan menjalani latihan terbuka di luar ruangan. Oleh karena itu, pihak Federasi Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) mengarahkan atlet untuk melakukan latihan di kamar demi menjaga kebugaranan tubuh.

“Saya berikan latihan pemanasan untuk memulihkan otot setelah perjalanan dan memperlancar peredaran darah,” ujar pelatih fisik tim bulu tangkis Indonesia, Iwan Hermawan, lewat rilis PBSI, Minggu (11/7/2021).

“Ada gerakan senam dengan metode tabata untuk menjaga daya tahan otot dan peredaran darah mereka,” lanjutnya.

Saat tiba di Jepang, timnas bulu tangkis sempat menjalani uji Covid-19 dengan metode pengujian air liur di Bandara Haneda, Tokyo. Pengujian yang sama juga dilakukan setibanya di Kumamoto dan dijadwalkan pengujian ini dilakukan setiap hari.

Iwan menjelaskan bahwa jika hasilnya negatif, atlet nantinya diperbolehkan latihan di luar ruangan pada sore hari.

“Saya berharap tim sudah bisa latihan di lapangan sore ini sehingga kami punya waktu yang cukup 12-13 hari menjelang Olimpiade nanti,” tutur pria yang juga menjabat Kasubid Pengembangan Sports Science PP PBSI ini.

Iwan menambahkan, jika terjadi situasi yang mengharuskan timnas menjalani isolasi mandiri selama empat hari ke depan, program latihan akan dibuat lebih variative. Meski begitu, volume dan intensitas latihan akan tetap disesuaikan menuju fase kompetisi.

Tim bulu tangkis Indonesia direncanakan menjalani “training camp” di Prefektur Kumamoto selama 10 hari. Setelah itu, mereka akan terbang kembali ke Tokyo untuk masuk ke perkampungan atlet dan berlaga di pesta olahraga terakbar sedunia.

“Semua latihan saya bagikan di grup dalam bentuk video instruksional, karena kami tidak boleh kontak dengan yang lain selama menunggu hasil swab,” tutup Iwan.

Dalam cabang olahraga bulu tangkis, Indonesia memiliki tujuh wakil. Dua berasal dari sektor tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie. Kemudian, ada satu wakil di tunggal putri, yakni Gregoria Mariska Tunjung.

Begitu juga pada ganda putri, Indonesia hanya memiliki satu wakil, yakni pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sementara itu, di ganda putra, Indonesia memiliki dua wakil, yakni pasangan peringkat satu dan dua dunia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Terakhir, ada satu wakil di sektor ganda campuran, ada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. {okezone}