PKB Yakin Jokowi Bakal Jadi Calon Tunggal

PKB Jokowi Lukman Edy

Presiden Joko Widodo didukung tujuh partai politik untuk kembali maju dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PKB Lukman Edy mengatakan Jokowi memiliki peluang menjadi calon tunggal dalam pemilu.

“Pak Jokowi masih berpeluang jadi calon tunggal karena memang UU pemilu dimungkinkan calon tunggal,” ujar Lukman di Jakarta Selatan, Jumat (30/3/2018).

Lukman mengatakan terdapat beberapa peluang yang dapat membuat Jokowi menjadi calon tunggal. Hal pertama adalah jika Gerindra, Demokrat, dan PKB tidak memunculkan calon baru.

“Jika Gerindra, Demokrat, dan PKB tidak memunculkan calon, bergabung dengan Jokowi, nggak akan ada poros lain, hanya ada calon tunggal Pak Jokowi,” kata Lukman.

Ia mengatakan, Gerindra dapat bergabung dengan menawarkan Prabowo sebagai calon wakil presiden. Namun, jika tidak mengusulkan Prabowo, Gerindra dapat mengusulkan beberapa kadernya untuk menjadi menteri.

“Gerindra bisa negosiasi dengan Jokowi, misalnya dengan menawarkan wapres Jokowi-Prabowo seperti yang di media sosial, atau Gerindra tidak memajukan Pak Prabowo, tapi menimbulkan negosiasi yang lain beberapa menteri misalnya,” tutur Lukman.