News  

Indonesia Dilanda Kemiskinan Ekstrim, Terbanyak di Jabar, Jatim dan Jateng

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penduduk miskin ekstrim di Indonesia. Pada 2021, persentase penduduk miskin ekstrim mencapai 4,8% dari total penduduk miskin nasional di level 10,14%.

Dari data BPS, penduduk miskin ekstrim terbanyak ada di pulau Jawa yakni di tiga Provinsi. Jumlahnya bahkan mencapai 1,7 juta orang.

“Jumlah penduduk miskin ekstrim tertinggi terdapat di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, meskipun secara persentase cukup rendah,” tulis paparan BPS yang disampaikan dalam rapat kerja bersama DPR RI, dikutip Rabu (1/9/2021).

Secara rinci, jumlah penduduk miskin ekstrim di Jawa Barat tercatat sebanyak 1,78 juta orang atau 3,6%. Kemudian di Jawa Timur sebanyak 1,74 juta orang atau 4,4%.

Selanjutnya kemiskinan ekstrim di Jawa Tengah sebanyak 1,52 juta orang atau 4,4% dari jumlah penduduknya.

Sementara itu, untuk penduduk miskin di Indonesia secara umum terbanyak ada di Papua Barat yakni 13,6%. Lebih tinggi dari kemiskinan nasional di level 10,14%.

Sedangkan provinsi yang paling sedikit penduduk miskinnya adalah Kepulauan Bangka Belitung yang hanya 1,2% atau 17,7 ribu dari jumlah penduduknya. {cnbc}