Verstappen Juara F1 GP Belanda 2021, Hamilton: Dia Tampil Luar Biasa!

Hasil manis yang diraih pembalap Tim Red Bull Racig, Max Verstappen, di F1 GP Belanda 2021 jadi sorotan Lewis Hamilton. Dia pun menyampaikan pujian setinggi langit kepada Verstappen dengan menyebut aksinya begitu luar biasa dalam balapan itu.

Sebagaimana diketahui, Verstappen sukses kembali ke puncak klasemen pembalap Formula 1 setelah mengalahkan rival utamanya, Lewis Hamilton. Dia mendapatkan kemenangan di F1 Grand Prix Belanda 2021 yang berlangsung di Sirkuit Zandvoort, Minggu 5 September 2021.

Verstappen dan Hamilton mengawali balapan seri ke-13 dalam kalender itu dari baris terdepan setelah sang pebalap Red Bull mengklaim pole position. Beruntung, kedua pebalap tak mengulangi insiden Silverstone di mana mereka terlibat senggolan ketika saling berebut posisi di lap pertama lomba.

Verstappen cukup dominan menjalani balapan 72 putaran itu tanpa tersalip lawannya, kecuali ketika pitstop, hingga melintasi garis finis 20,9 detik di depan Hamilton dengan disambut riuh puluhan ribu Orange Army yang memenuhi tribun Sirkuit Zandvoort, yang kembali menjadi tuan rumah balapan setelah 36 tahun, demikian laman resmi Formula 1.

Hamilton, tak mampu menandingi kecepatan sang pebalap Red Bull, membawa satu poin tambahan untuk lap tercepat berkat berganti ban soft di pengujung lomba, sedangkan Valtteri Bottas melengkapi podium untuk Mercedes di peringkat tiga.

Verstappen menjadi satu-satunya pebalap Belanda yang memenangi balapan di kampung halamannya, dan dengan 25 poin ia mengubah defisit tiga poin di klasemen menjadi keunggulan tiga poin sebagai pemuncak klasemen baru menggeser Hamilton ke peringkat dua.

Bottas menempati peringkat tiga dengan jarak lebih dari 100 poin dari pemuncak klasemen.

Di awal lomba, Mercedes memanggil Hamilton untuk pitstop lebih dini, dan Red Bull meresponnya beberapa lap kemudian dengan pitstop yang lebih cepat sehingga Verstappen kembali ke trek dan tetap berada di depan sang rival.

Verstappen tertahan di belakang Valtteri Bottas, namun tak perlu waktu lama bagi sang pebalap Red Bull kembali memimpin lomba setelah sang pebalap Finlandia berganti ban di lap ke-32.

Mobil Red Bull bernomor 33 menjaga jaraknya sekitar tiga detik dari rival terdekatnya, namun di 20 lap terakhir Hamilton beberapa kali mencetak lap tercepat berupaya memangkas jarak.

Namun, Hamilton tak mampu mencapai jarak serang ke Verstappen dan pada dua lap terakhir Mercedes menariknya ke pitstop demi merebut poin tambahan dari lap tercepat dengan ban soft baru.

Hamilton memuji penampilan dominan Verstappen juga para pendukung fanatiknya di Zandvoort. “Max melakukan tugas yang luar biasa, selamat untuk dia,” kata Hamilton.

“Saya mengerahkan segalanya, mereka (Red Bull) terlalu cepat bagi kami,” tukasnya. {okezone}