Selain Giring Nidji, Ini 5 Vokalis Band Yang Terjun Ke Dunia Politik

Dunia politik selalu menggoda bagi siapa saja. Tidak hanya pengusaha ataupun akademisi, ada pula yang berlatar belakang dari dunia musik. Mereka semua memiliki latar belakang sebagai vokalis dari sebuah grup band.

Salah satunya Giring Ganesha atau Giring Nidji. Ia terjun ke dunia politik dengan tergabung dalam Partai PSI. Baru-baru ini namanya menjadi sorotan karena ingin mencalonkan diri sebagai calon presiden 2024.

Selain Giring Nidji, ada beberapa vokalis band yang terlebih dahulu terjun ke dunia politik. Di antara mereka bahkan telah memiliki jabatan.

Siapa saja mereka?

1. Pasha Ungu

Pasha Ungu terjun ke politik pada 2015 lalu. Pria bernama asli Sigit Purnomo itu memilih meninggalkan dunia hiburan ketika namanya begitu tenar.

la mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Wali Kota Palu yang diusung oleh PKB dan PAN. Kini jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Palu pun telah berakhir terhitung sejak 17 Februari 2016-17 Februari 2021.

2. Charly ST12

Pada pemilu 2019 lalu, publik dikejutkan dengan kemunculan vokalis ST12, Charly Van Houten, sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari partai Perindo.

Sayang, saat itu Charly gagal melaju ke senayan, karena partai politik yang menaunginya tidak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

3. Ian Kasela

Vokalis Radja juga ikut terjun ke dunia politik. Ian Kasela tergabung dengan PDIP. Ian Kasela maju calon legislatif pada tahun 2019. Ia mewakili Dapil Kalimantan Selatan. Namun sayangnya ia tak dapat melaju ke Senayan.

4. Ahmad Dhani

Penyanyi rock Indonesia, Ahmda Dhani mulai berkecimpung ke dunia politik beberapa tahun belakangan ini. Ia tergabung dalam partai Gerindra.

Pada 2017, Dhani maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Bekasi, mendampingi Sa’duddin. Namun sayangnya, langkahnya harus gagal. Pada 2019 Ahmad Dhani mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Namun ia gagal melenggang ke Senayan.

5. Ifan Seventeen

Sama halnya seperti Ahmad Dhani, Ifan Seventeen juga merasakan kegagalan berapa kali di dalam dunia perpolitikan. Di tahun 2014, Ia maju sebagai calon legislatif dari partai Gerindra namun dirinya gagal memperoleh suara menjadi anggota.

Ifan Seventeen kembali mencalonkan diri melalui PKB tahun 2019, namun langkahnya harus terhenti lagi. {kumparan}