Cetak Gol Indah Lewat Tendangan Bebas, Ini 5 Fakta Kiper Tim PON Papua John Pigai

Kiper PON Papua John Pigai menjadi sorotan usai mencetak gol indah lewat tendangan bebas pada cabor sepak bola di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Berikut fakta menarik kiper PON Papua yang mencetak gol lewat tendangan bebas yang indah di PON Papua 2020.

Nama John Pigai mendadak viral usai mencetak gol ke gawang tim Nusa Tenggara Timur (NTT) lewat tendangan bebas pada pertandingan Grup A cabor sepak bola PON Papua 2020 di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (3/10).

Pigai dengan percaya diri meninggalkan gawangnya untuk berlari ke depan kotak penalti lawan untuk mengambil alih tendangan bebas yang didapat tim Papua pada menit ke-92.

Dengan tenang, Pigai melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kiri yang sukses meluncur di atas pagar betis NTT dan bersarang di sudut gawang lawan.

Pigai pun sukses membawa Tim PON Papua unggul 3-0 atas NTT. Papua akhirnya berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 4-0 atas NTT setelah Rafika Nawipa mencetak gol tambahan pada menit ke-93.

Cabor sepak bola PON hingga kini masih pada fase penyisihan grup untuk bersaing ke babak enam besar yang akan dimulai, Rabu (6/10).

Dua Provinsi sudah memastikan tempat di babak enam besar yakni Papua dan Jawa Barat yang masing-masing menjadi juara dan runner up Grup A.

Tim Jawa Barat lolos usai menang atas Maluku Utara 3-1 pada laga terakhir Grup A. Sedangkan Papua memastikan juara Grup A usai menang meyakinkan 4-0 atas NTT.

Pada babak enam besar, Jabar akan bersaing di Grup E bersama juara Grup B dan runner-up Grup C. Sementara itu, Papua akan tampil di Grup D, bersaing dengan runner-up Grup B dan pemimpin Grup C. Pigai pun berpeluang untuk menambah koleksi golnya di fase enam besar.

Berikut fakta kiper Papua John Pigai usai cetak gol indah di PON:

1. Mirip Aksi Rogerio Ceni

Aksi tendangan bebas yang dilakukan kiper Papua John Pigai di PON 2020 disebut mirip dengan Rogerio Ceni.

Kiper Brasil yang juga mantan kapten Sao Paulo itu dikenal sebagai penjaga gawang yang sukses mengeksekusi bola mati menjadi gol lewat tendangan bebasnya.

Kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan bebas membuat ia cukup produktif dan menjadi sorotan. Bahkan, Ceni adalah kiper yang pernah menjadi top skor untuk Sao Paulo di musim 2005/2006 lewat 21 gol dari 57 laga.

2. Pigai Gagal Cetak Gol Penalti

Sebelum sukses mencetak gol lewat tendangan bebasnya, John Pigai lebih dulu gagal saat mengeksekusi penalti di PON 2020.

Pemain Papua Ricky Cawor mendapatkan bola hasil blunder dari pemain NTT di depan gawang.

Ricky kemudian menendang bola tersebut namun terkena tangan dari pemain NTT yang membuat Papua mendapatkan penalti dari wasit.

Lalu, Pigai dipercaya untuk menjadi algojo tendangan penalti. Sayang tendangannya yang tepat mengarah ke tengah gawang mampu diadang dengan baik oleh kiper NTT.

3. Gol ke-11 Papua

Pigai menjadi pencetak gol ketiga untuk kemenangan 4-0 Tim PON Papua atas NTT di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (3/10). Tendangan bebasnya di menit ke-92 langsung mengarah ke sudut kanan atas gawang yang membuat kiper PON NTT hanya bisa terdiam tak berkutik saat bola datang.

Gol Pigai tersebut sekaligus menjadi gol ke-11 dari 12 gol yang telah dicetak Tim PON Papua di PON XX 2020. Sebelumnya, Papua mencetak lima gol saat menang 5-1 atas Jawa Barat, kemudian menang 3-1 atas Maluku Utara.

4. Gol Kiper Pertama di PON

Sumbangan gol Pigai itu sekaligus menjadi gol pertamanya di sepanjang gelaran PON 2020. Tak hanya itu, gol Pigai juga menjadi gol pertama yang terjadi melalui tendangan bebas dari seorang kiper di sepanjang sejarah gelaran PON sejak pertama kali digelar 1948.

5. Papua Tersubur di PON

Masih di fase grup, Papua menjadi tim yang paling banyak mencetak gol di cabang olah raga sepak bola PON 2020. Total 12 gol dari tiga pertandingan sudah dicetak tuan rumah.

Disusul Jawa Timur lewat enam gol serta Jawa Barat dan Maluku Utara yang sama-sama sudah mencetak empat gol di PON Papua 2020. {CNN}