Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022, Carmelo Ezpeleta: Akhirnya Balapan Lagi di Indonesia

SIRKUIT Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, ini dipastikan akan menggelar balapan MotoGP pada 2022. Dalam kalender balap yang sudah dirilis Dorna Sports, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah kedua di MotoGP 2022.

Pembicaraan soal rencana menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP sebenarnya sudah tergaungkan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan awalnya, Sirkuit Mandalika direncanakan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021.

Namun, karena kondisi sirkuit yang masih belum siap, balapan MotoGP di sirkuit tersebut pun diundur. Pada 2022, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah salah satu seri balapan di MotoGP.

Tepatnya, pelaksanaan MotoGP seri Indonesia akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Balapan di MotoGP Indonesia 2021 yang akan diadakan di Sirkuit Mandalika ini bakal berlangsung usai MotoGP Qatar.

Diketahui, Qatar kembali menjadi seri perdana di kalender balap MotoGP 2022. Hal ini sama seperti musim-musim sebelumnya, di mana Qatar kerap dipercaya untuk menggelar balapan di seri perdana MotoGP.

Seri MotoGP Qatar 2022 sendiri akan berlangsung pada 4-6 Maret. Dengan begitu, ada jeda selama dua pekan bagi Marc Marquez dan kawan-kawan untuk akhirnya beralih ke seri kedua yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

Setelah itu, balapan seri ketiga di MotoGP 2022 akan digelar di Argentina. Balapan MotoGP Argentina 2022 akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 1-3 April.

Balapan di Sirkuit Mandalika pun disambut penuh antusias oleh Managing Director Dorna Sport, Carlo Ezpeleta. Dia senang bisa kembali menggelar balapan MotoGP di Indonesia.

Sebab, terakhir kali balapan MotoGP di Indonesia digelar pada 1997. Kala itu, balapan MotoGP Indonesia digelar di Sirkuit Sentul.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan event ini,” ujar Ezpeleta, sebagaimana dikutip dari laman resmi MGPA Official.

“Dukungan dari pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022, akhirnya kami bisa balapan lagi di Indonesia pada Maret tahun depan,” lanjutnya.

Jelang menjadi venue balapan MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika pun diketahui masih terus mempercantik bangunannya. Pembangunan sendiri disebut sudah mencapai 100 persen dan sedang berjalan untuk instalasi pit building dengan menggunakan teknologi modular.

Nantinya, Fabio Quartararo dan pembalap lain pun akan disuguhkan pemandangan indah kala menjalani balapan di Sirkuit Mandalika. Sebab, lokasi sirkuit ini disuguhi pemandangan indah alam Kuta Mandalika yang memesona. {okezone}