News  

CDC AS Masukkan Indonesia Ke Negara Dengan Kategori Negara Dengan Level Kasus COVID-19 Rendah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) kini menempatkan Indonesia pada kategori level kasus COVID-19 rendah.

Hal ini disebabkan oleh penanganan pandemi corona di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir telah menyebabkan penurunan kasus yang signifikan.

Di situs CDC, terdapat 5 kategori yang digunakan untuk menentukan level kasus di suatu negara. Dimulai dari Level 1 yaitu rendah, Level 2: moderat, Level 3: tinggi, dan Level 4: sangat tinggi.

“Level 1: Tingkat Rendah COVID-19 di Indonesia,” tertulis dalam situs tersebut.

Dalam menentukan level ini, CDC memiliki sejumlah kriteria yang mengikuti data milik WHO yakni Travel Health Notice Thresholds yang terbagi menjadi kategori primer dan sekunder.

Karena Indonesia ditempatkan pada level 1, artinya pada kategori primer yakni tingkat kejadian (incidence rate) yang dilaporkan kurang dari 50 kasus baru selama 28 hari terakhir per 100.000 penduduk.

Sementara untuk kategori sekunder digunakan data terkait tingkat testing populasi yang dilakukan per 100.000 orang selama 28 hari mengikuti dengan jumlah kasus yang dilaporkan.

Semakin baik perbandingan jumlah testing dengan kasus yang dilaporkan, maka akan semakin membaik pula level suatu negara. {kumparan}