News  

Dijenguk ARB di Munchen, Habibie Makin Sehat

ARB Jenguk Habibie di Munchen

Presiden Republik Indonesia (RI) ketiga; Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie semakin sehat. Kabar kesehatan BJ Habibie terbaru diunggah oleh Ketua Dewan Pembina Partai Golkar; Aburizal Bakrie (ARB) di akun Instagram (IG)-nya. ARB mengatakan baru saja menjenguk Habibie di rumahnya di Munchen, Jerman.

“Saya beberapa kali dapat broadcast soal kabar beliau sakit. Tapi setelah mengunjungi beliau di rumahnya di Munchen, ternyata beliau sehat walafiat. Tadi kata Pak Habibe, beliau serasa terlahir kembali,” tulis ARB di IG-nya, Kamis (19/4).

Dalam foto yang diposting, Habibie tampak trendi dengan mantel kulit dan topi fedora. Dia berpose tersenyum, bahkan ada yang terlihat Habibie berpose seolah menjulurkan lidah.

ARB menyebutkan, banyak hal yang mereka bicarakan, mulai dari kesehatan hingga pesawat R80 rancangan Habibie yang pendanaannya berasal dari sumbangan rakyat Indonesia.

“Kita semua harus mendukung R80, karena sebagai negara kepulauan untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, harus dengan pesawat. Jadi baik bila kita memproduksi sendiri pesawat. Bukan saja karena kita bisa, tapi dampaknya besar bagi peningkatan lapangan pekerjaan,” tulis ARB.

Habibie jatuh sakit pada Februari 2018 di Jerman. Setelah mendapat perawatan di rumah sakit, kesehatannya membaik.

Tim dokter mendiagnosa, terdapat kebocoran di klep (katup) jantung Habibie. Akibatnya, ada penumpukan air hingga 1,5 liter pada paru-paru Habibie, menyebabkannya kesulitan bernapas.

Dokter menyarankan Habibie segera menjalani operasi jantung. Namun, Habibie tidak menghendaki tindakan operasi jantung. Ia lebih memilih operasi dengan metode baru yang lebih canggih, yaitu MitraClip. Akhirnya, operasi pemasangan MitraClip dilakukan Rabu (14/3) di Starnberg, Jerman, dan berlangsung lancar.