Reece James Cetak 2 Gol, Chelsea Bantai Newcastle United 3-0

Laga Newcastle United vs Chelsea di pekan ke-10 Liga Inggris 2021-2022 sudah rampung digelar. Chelsea pun menang telak dengan skor 3-0.

Bermain di St James Park, Sabtu (30/10/2021) malam WIB, tiga gol The Blues -julukan Chelsea- dicetak oleh Reece James (65’ dan 77’) dan Jorginho (81’). Berkat kemenangan ini, Chelsea bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan koleksi poin 25 angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di markas sendiri, Newcastle justru membuat tim tamu bermain beringas di awal babak pertama. Chelsea dengan beberapa kali memanfaatkan permainan cepat dari sayap mampu mengancam kotak penalti lawan.

Umpan-umpanan dari Ben Chilwell dan sesekali dikombinasikan oleh Jorginho, kerap dapat disambut dengan baik oleh Hakim Ziyeh dan Kai Havertz di depan. Namun, upaya-upayanya masih mampu tertahan bek maupun kiper lawan.

Adapun Newcastle memiliki peluang pertama di menit 11, melalui Callum Wilson yang melancarkan serangan balik. Tapi sayang, tendangannya masih berada di atas mistar gawang.

Kemudian, Chelsea kembali aktif menyerang. Sampai akhirnya, tercipta peluang yang membuat Ziyech mampu menceploskan bola ke dalam gawang lawan. Namun, ia tidak berselebrasi karena tahu sudah terlebih dulu terperangkap offside.

Chelsea unggul telak dari segi penguasaan bola. Tim asuhan Thomas Tuchel ini berhasil menjalani babak pertama dengan 75 persen bola dikuasai berbanding 25 persen milik Newcastle.

Kendati demikian, mereka masih kesulitan menciptakan tendangan mengarah langsung ke gawang yang dikawal Karl Darlow. Skor 0-0 pun masih tersaji di babak pertama.

Babak Kedua

Mengawali babak kedua, Chelsea tidak mau membuang banyak waktu. Hakim Ziyech kembali mengancam dalam dua menit pertama. Kesempatan pertamanya masih dapat ditangkap kiper lawan, kemudian membentur mistar gawang di kesempatan kedua.

Chelsea masih dengan serangan bertubi-tubinya, meski sulit sekali memperoleh hasil yang sesuai harapan. Akhirnya, Tuchel mengganti sejumlah pemainnya.

Benar saja, upaya itu membuahkan hasil. Hudson-Odoi mampu memberikan umpan berkelas menuju sisi kanan kotak penalti lawan.

Di sana, ada Reece James (65’) yang menahan satu kali dan melepaskan tendangan ke sudut kiri atas gawang lawan dengan kaki kirinya. Skor menjadi 1-0 untuk Chelsea.

The Blues mencetak gol kedua pada menit 77. Havertz dan Barkley bekerja sama membangun serangan sampai mengumpan ke Loftus-Cheek dan melepaskan tendangan. Bola rebound jatuh ke kaki James Untuk melepaskan tendangan setengah voli. Skor menjadi 2-0.

Chelsea semakin perkasa kala di menit 79, mereka mendapatkan hadiah penalti karena Havertz dijatuhkan kiper lawan. Akhirnya, Jorginho yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan. Hal itu membuat Chelsea menjauh 3-0.

Susunan Pemain Newcastle United vs Chelsea:

NEWCASTLE XI (5-3-2): Karl Darlow; Javier Manquillo, Emill Krafth, Jamaal Lascelles, Ciaran Clark, Matt Ritchie; Isaac Hayden, Sean Longstaff, Ryan Fraser; Callum Wilson, Allan Saint-Maximin

Cadangan: Martin Dubravka, Fabian Schar, Joelinton, Jonjo Shelvey, Jamal Lewis, Jacob Murphy, Miguel Almiron, Joe Willock, Dwight Gayle

Pelatih: Graeme Jones

CHELSEA XI (3-4-3): Edouard Mendy; Thiago Silva, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Reece James, N’Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Hakim Ziyech, Kai Havertz, Callum Hudson-Odoi

Cadangan: Martin Dubravka, Fabian Schar, Joelinton, Jonjo Shelvey, Jamal Lewis, Jacob Murphy, Miguel Almiron, Joe Willock, Dwight Gayle

Pelatih: Thomas Tuchel {okezone}