News  

Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Calon Kuat Pangkostrad

Presiden Jokowi akan melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi KSAD hari ini, Rabu (17/11). Dudung bakal menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang hari ini juga dilantik menjadi Panglima TNI.

Penunjukan Dudung menjadi KSAD membuat posisi Pangkostrad yang dijabatnya lowong. Lalu, siapakah yang bakal menjadi Pangkostrad?

Sumber kumparan menyebut Pangdam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak merupakan calon kuat Pangkostrad. Namun, masih diperlukan Wanjakti untuk pengangkatan Pangkostrad. Pangkostrad sendiri bakal dilantik oleh KSAD yang baru.

Maruli yang merupakan lulusan Akademi Militer 1992 ini merupakan prajurit Kopassus dan pernah menjadi bagian Detasemen Tempur Cakra.

Jabatan terakhir Maruli sebelum menjadi Pangdam Udayana adalah Danpaspampres Presiden Jokowi (2018-2022). Sebelumnya, ia merupakan Kasdam IV/Diponegoro.

Pada 2017-2018, Maruli sempat menjabat Wadanpaspampres. Menantu Luhut Pandjaitan ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Korem 074/Warastrama.

Pangkostrad memang diisi oleh perwira tinggi jenderal bintang 3 alias Letjen. Bisa saja, letjen yang saat ini bertugas di jabatan lain mengisi tugas itu. Tapi, biasanya, ada promosi dari Mayjen ke Letjen untuk mengisi posisi Pangkostrad.

Saat ini, ada lebih dari 50 jenderal bintang 2 aktif di TNI AD. Baik yang bertugas di TNI AD, Mabes TNI, atau instansi lain. kumparan sudah mengkonfirmasi hal ini pada Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santosa dan Kapuspen Kostrad Kolonel Inf Haryantana tapi belum direspons. {kumparan}