News  

Pasrah Ke Megawati, Bukti Ganjar Sadar Dirinya Bukan Siapa-Siapa Tanpa PDIP

Pernyataan keputusan calon presiden PDIP diserahkan Megawati Soekarnoputri adalah indikasi Ganjar Pranowo sudah sadar bahwa dirinya bukan siapa-siapa tanpa partai berlambang banteng.

Demikian pendapat Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa malam (16/11).

Menurut Dedi, dengan pernyataan terbuka yang dilakukan Ganjar, bisa saja membuat Megawati berpikir bahwa Gubernur Jateng dua periode itu adalah kader yang loyal.

“Pesan utamanya tentuk Ganjar melunak, ia kembali pada kesadaran bahwa tanpa PDIP Ganjar bukanlah siapa-siapa, artinya kunci untuknya adalah kembali menenangkan Megawati, bahwa ia kader yang loyal,” demikian kata Dedi.

Meski demikian, Ganjar nampak sangat menikmati polemik dan deklarasi para relawan pendukungnya. Padahal hal itu indikasi bahwa Ganjar bukanlah politisi yang bijak.

Dampak politik sikap Ganjar yang pasrah ke Mega, akan membuat dirinya bisa berhasil mempertahankan popularitasnya di dinamika Pilpres 2024 mendatang.

“Sekurangnya Ganjar harus mempertahankan popularitas agar PDIP dapat mempertimbangkan eksistensinya dalam kancah elektabilitas nasional,” pungkasnya. {rmol}