Unggul Jauh Dari Verstappen Di Posisi Kedua, Lewis Hamilton Juara F1 GP Qatar 2021

Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton berhasil menjadi pemenang di balapan Formula One (F1) GP Qatar 2021 pada Minggu (21/11/2021) malam WIB.

Ia mampu menjadi pembalap yang finis pertama kali dan bahkan unggul 25,743 detik dari posisi kedua yang dihuni rival utamanya, Max Verstappen.

Pembalap asal Inggris itu tampil apik sejak awal. Hamilton memimpin balapan dan tidak pernah tersusul hingga balapan berakhir.

Rival terdekatnya, Max Verstappen yang berasal dari tim Red Bull Racing hanya bisa membuntutinya di posisi kedua. Pembalap Red Bull itu kesulitan untuk mengejar Hamilton di sepanjang balapan.

Kemudian, pembalap Alpine, Fernando Alonso, naik ke atas podium. Juara dunia dua kali tersebut melengkapi posisi tiga besar, 59,457 detik di belakang sang pemenang.

Sementara itu, rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas, mendapatkan kesialan. Sebuah insiden pada lap 35 membuatnya tidak bisa menyelesaikan balapan.

Jalannya Balapan

Melaju di Sirkuit Losail, Hamilton yang memulai balapan dari pole position langsung tancap gas. Dia tidak kehilangan posisinya selepas start dan tetap memimpin di barisan terdepan.

Sementara itu, Verstappen yang start dari urutan tujuh tidak mau ketinggalan oleh sang rival. Dia memacu mobilnya dengan cepat dan merangsek masuk ke posisi tiga di lap-lap awal diikuti oleh Alonso yang persis di belakangnya.

Posisi tiga terdepan tersebut tidak berubah sampai menyentuh lap 30. Setelah itu, Sergio Perez berhasil menyalip Alonso untuk merebut masuk ke urutan tiga.

Kesialan menimpa Bottas pada lap 35. Dia terpaksa melipir ke pit karena mobilnya mengalami insiden dan perlu diperbaiki. Alhasil, dia pun tertinggal satu lap lebih dari pembalap terdepan dan merosot ke urutan 14.

Penghuni podium F1 GP Qatar 2021

Pada lap 43, Hamilton dan Verstappen sama-sama memasuki pit untuk mengganti ban dan mengisi bahan bakar. Sang pembalap Inggris unggul dengan selisih 8,5 detik atas rivalnya.

Setelah itu, praktis tidak ada kejar-kejaran yang terjadi antara Hamilton dan Verstappen. Hamilton melaju mulus dengan Mercedes-nya dan memenangkan balapan yang selesai pada lap 57.

Berikut adalah hasil lengkap F1 GP Qatar 2021:

1 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 57 Laps

2 Max Verstappen NED Red Bull Racing + 25.743s

3 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 59.457s

4 Sergio Perez MEX Red Bull Racing + 62.306s

5 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 80.570s

6 Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team + 81.274s

7 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 81.911s

8 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 83.126s

9 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1 Lap

10 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 Lap

11 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 1 Lap

12 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

13 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 1 Lap

14 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

15 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

16 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 1 Lap

17 George Russell GBR Williams Racing + 2 Laps

18 Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team + 2 Laps

DNF Nicholas Latifi CAN Williams Racing

DNF Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team {okezone}