Lewis Hamilton menangi GP Azerbaijan 2018

Lewis Hamilton menangi GP Azerbaijan 2018

Balapan yang cukup dipenuhi drama di GP Azerbaijan akhirnya dimenangi driver Mercedes Lewis Hamilton. Valtteri Bottas out dan Sebastian Vettel finis keempat.

Pada balapan di sirkuit Baku City, Minggu (29/4/2018) malam WIB, Vettel yang start dari pole memimpin nyaris setengah balapan lebih sebelum akhirnya harus finis posisi keempat.

Sementara Bottas yang sempat mengambil keuntungan dari Vettel malah gagal finis karena pecah ban. Hamilton menjadi pebalap yang tersenyum lebar usai mendapat kemenangan disusul Kimi Raikkonen dan Sergio Perez.

Kemenangan pertama Hamilton musim ini membuatnya menguasai puncak klasemen pebalap dengan 70 poin, menggeser Vettel yang cuma finis keempat ke posisi kedua dengan 66 poin. Di posisi ketiga ada Raikkonen dengan 48 poin.

Jalannya Balapan

Begitu lampu hijau menyala, Vettel langsung tancap gas untuk menjaga posisi pertama dari kejaran lawan-lawannya. Nasib sial dialami rekan setimnya, Kimi Raikkonen, yang harus bersinggungan dengan mobil Sebastian Ocon di tikungan pertama.

Ocon pun langsung out di lap pertama sementara Raikkonen harus kembali ke pit untuk memperbaiki mobilnya. Alhasil safety car harus keluar di lap pertama ini dengan Vettel memimpin balapan disusul Hamilton, Bottas, Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Carlos Sainz, Lance Stroll, Sergio Perez, dan Nico Hulkenberg,

Pebalap McLaren, Fernando Alonso, pun harus keluar sejenak di lap pertama ini karena kerusakan di bagian ban kanan depannya.

Sebelas lap berlalu, Vettel masih memimpin balapan disusul duo Mercedes Hamilton dan Bottas. Vettel terus menjaga jarak dengan Hamilton dan Bottas sampai dia masuk pit lagi di lap ke-31.

Pada lap ke-40, insiden terjadi lagi ketika Ricciardo menyeruduk mobil Verstappen yang membuat keduanya harus out barengan. Safety car lagi-lagi keluar yang mana menguntungkan Bottas yang baru saja keluar dari pit dengan ban ultrasoft.

Bottas pun memimpin balapan disusul Vettel dan Hamilton. Tiga lap setelahnya Romain Grosjean keluar dari balapan setelah mobilnya menghajar dinding karena kehilangan kendali.

Setelah safety car masuk lagi pada lap ke-47, Bottas mampu mempertahankan posisi terdepannya. Sementara, Vettel yang coba menyalip Bottas tiba-tiba berasap mobilnya dan membuatnya malap disalip Hamilton serta Raikkonen.

Vettel pun turun ke posisi keempat dan sudah diincar oleh Perez yang berada tepat di belakangnya. Bottas yang sedang asyik-asyikanya memimpin balapan mendapat bencana ketika ban kanan belakangnya pecah di lap ke-49

Hamilton dengan mudah menyalip Bottas untuk mengambil alih pimpinan balapan diikuti Raikkonen dan Vettel. Tapi, Vettel akhirnya disalip juga di lap yang oleh Perez.

Ketika balapan GP Azerbaijan berakhir, Hamilton jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis. Raikkonen di posisi ketiga disusul Perez, Vettel, Sainz, Charles Leclerc, Alonso, dan Stroll.