News

Kabar Baik! WHO: Tak Ada Bukti Nyata COVID-19 Varian Omicron Lebih Menular

0

Ada kabar baik bagi perkembangan situasi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia hingga akhir November 2021. Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan situasi terkini dari perkembangan varian Covid-19 B.1.1.529 yang dikenal juga sebagai Omicron.

WHO menjelaskan bahwa hingga kini, tak ada bukti bahwa varian Omicron lebih menular dibandingkan Covid-19 jenis lainnya.

Hal ini disampaikan oleh WHO melalui keterangan resmi yang disampaikan pada Senin, 29 November 2021. “Belum diketahui pasti apakah Omicron lebih menular (misalnya lebih mudah menular di antara manusia).

“Jika dibandingkan dengan varian lainnya,” tutur keterangan resmi dari WHO dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Senin, 29 November 2021.

WHO juga menyatakan bahwa lonjakan jumlah positif masyarakat yang terkena Covid-19 dan pasien rawat di Afrika Selatan memang menjadi lokasi pertama varian Omicron ditemukan.

Tetapi hal tersebut tak bisa berarti dianggap bahwa penularan Covid-19 Omicron lebih tinggi daripada varian lainnya.

WHO menegaskan bahwa “Ini kemungkinan karena tingginya jumlah keseluruhan orang yang terinfeksi ketimbang dampak spesifik dari Omicron”.

“Saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang berkaitan dengan Omicron berbeda dengan varian lainnya,” kata pernyataan resmi WHO tersebut.

Meskipun begitu, WHO memang menyatakan bahwa orang yang sebelumnya pernah terpapar dengan Covid-19 dapat terinfeksi kembali dengan varian Omicron.

Tetapi mereka juga menjelaskan perlunya ada studi lanjutan untuk memahami varian Covid-19 B.1.1.529 tersebut. {PR}

Fakta Baru Kasus Pelecehan Seksual Pegawai KPI Dipukul Hingga Kemaluan Dicoret-Coret

Previous article

Kontak Senjata Lagi di Papua, TPNB OPM Ngaku Tembak Mati 9 Prajurit TNI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *