Fabio Quartararo Boleh Rebut Gelar Juara Dunia, Tapi Pembalap Terbaik MotoGP 2021 Tetap Marc Marquez

MOTOGP 2021 telah berakhir dan pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo keluar sebagai juara dunianya. Meski sudah menyabet gelar juara, rider Repsol Honda, Pol Espargaro tak menganggap Quartararo sebagai pembalap terbaik karena ia menilai Marc Marquez yang layak menyabet status tersebut.

Espargaro menyebut Marquez sebagai pembalap terbaik di MotoGP 2021 bukan tanpa alasan. Ia berani mengatakan hal itu karena melihat perjuangn The Baby Alien yang tetap balapan di tengah rasa sakit yang belum sembuh total dari cedera parah pada awal MotoGP 2020.

Ya, Marquez diketahui mengalami perjuangan yang jauh lebih berat dibanding pembalap lain di musim 2021 kemarin. Tahun ini menjadi debut comebacknya pasca cedera parah di 2020.

Marquez mengalami cedera patah lengan yang memaksanya harus absen selama satu musim penuh di MotoGP 2020 untuk pemulihan. Pada MotoGP 2021 pun dia baru bisa bergabung saat balapan sudah memasuki seri ketiga di Portugal.

Meski sudah kembali balapan, Marquez masih sering merasakan rasa sakit dan hal itu membuatnya balapan secara hati-hati. Hebatnya, Marquez tetap melaju melawan kekhawatirannya dan tampil terbaik.

Perjuangan itu ternyata berlanjut di akhir musim. Belum selesai dengan penderitaan di tangannya, dia divonis mengalami gegar otak ringan saat menjalani sesi latihan jelang MotoGP Algarve 2021, dua seri terakhir.

Selain itu, Marquez juga diprediksi akan kembali ke meja operasi terkait cedera mata yang pernah dideritanya pada 2011 lalu. Tak ayal pembalap dengan delapan gelar juara dunia ini harus absen di dua balapan terakhir.

Meski mengalami musim yang berat, Marquez tetap memiliki catatan membanggakan. Ia berhasil mencapai podium tertinggi pada tiga balapan di Sachsenring Jerman, Amerika, dan Emilia Rogmana.

Secara keseluruhan, Marquez mengakhiri musim ini dengan empat kali naik podium. Dengan itu, ia finis di posisi ketujuh di klasemen akhir dengan poin 142. Jadi yang terbaik di atas para pembalap Honda lainnya.

Espargaro melihat catatan itu membuatnya percaya Marquez layak disebut sebagai pembalap terbaik di MotoGP 2021. Menurutnya, Marquez memiliki bakat unik yang tidak dimiliki pembalap lainnya.

“Saya mengatakan bahwa Marc Marquez adalah yang terbaik (di MotoGP 2021) karena saya melihat apa yang dia lakukan, dia adalah bakat yang berbeda,” ucap Espargaro dikutip laman Crash, Selasa (7/12/2021).

Kini Marquez tengah menjalani masa pemulihan untuk menghadapi MotoGP 2022. Namun, ada kabar yang menyebut ada kemungkinan Marquez tak tampil di balapan perdana karena cedera mata yang dideritanya kembali di akhir MotoGP 2021. {okezone}