News  

Peneliti LIPI Sebut Figur Menteri Yang Berhasil Terpilih Jadi Presiden Hanya SBY

Figur Menteri yang dinilai potensial menjadi calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang belum terlihat hingga saat ini. Pasalnya, tren menteri jadi capres dan berhasil memimpin negara Republik Indonesia, terakhir kali dalam sejarah Pemilu hanya dilakukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu menjabat Menko Polhukam sebelum menjadi Presiden RI periode 2004-2009 atau periode pertamanya menjadi kepala negara.

Demikian disampaikan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati, saat menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk “Dampak Elektoral Prestasi Menteri Pada Pilpres 2024” pada Sabtu (11/12).

“Mungkin kalau dalam sejarah pemilu Indonesia hanya Pak SBY sejauh ini yang bisa mengangkat dari figur menteri ke presiden. Setelah itu belum ada lagi,” kata Wasisto.

Wasisto menuturkan, SBY begitu cerdik dan jeli dalam membaca dan memanfaatkan peluang hingga ia menjadi Presiden RI setelah menjabat Menko Polhukam di era Presiden kelima Megawati Soekarnoputri.

“Jika kita belajar secara komparatif apa yang dilakukan Pak SBY itu memang posisi beliau di Menko Polhukam di mana beliau juga terbantu bahkan narasi melankolis dia bangun saat itu,” tuturnya.

Menurut Wasisto, pada konteks sekarang, para Menteri yang ada di pusaran hasil survei nasional menjelang Pemilu 2024 belum terlihat ada yang berani membuat manuver atau narasi sendiri. “Sehingga mereka masih kesannya mau tidak mau,” katanya.

“Nah inilah yang membuat publik itu bertanya-tanya atau apakah mereka benar-benar maju ke ranah elektoral tidak,” demikian Wasisto.

Hadir dalam diskusi tersebut antara lain Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an. {rmol}