IDI: Indonesia Sudah Keluar Dari Krisis Pandemi COVID-19

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terpilih Adib Khumaidi menyebut Indonesia sudah keluar dari krisis pandemi corona. Apa maknanya?

“Kita sudah keluar dari krisis, mudah-mudahan kita tidak kembali pada krisis. Tinggal yang harus kita siapkan adalah adaptive recovery dan resiliensi dari sistem kesehatan,” kata Adib dalam webinar Sarasehan Nasional Iluni FKUI 2021 tentang Serbuan Vaksinasi COVID-19, Minggu (12/12).

Meskipun begitu, Indonesia tetap harus bersiap menghadapi kemungkinan adanya lonjakan kasus gelombang ke 3 yang diperkirakan akan terjadi di awal tahun 2022.

Namun Adib optimistis kita bisa mengatasi lonjakan kasus karena sudah berpengalaman mengatasi gelombang-gelombang sebelumnya.

“Kita sudah belajar banyak, bulan Januari bulan Juli pada kenaikan kasus kemarin. Kesiapan-kesiapan kita dan bagaimana upaya koordinasi itu yang harus tetap diupayakan sehingga kita akan siap kalau ada lonjakan kasus,” jelasnya.

Jika dilihat dari data kasus COVID-19 saat ini, Indonesia memang sedang mengalami tren penurunan kasus harian. Kasus sudah menurun lebih dari 90 persen sejak puncaknya pada Juli lalu, 50 ribuan kasus.

Jika hal tersebut berlanjut sampai awal tahun nanti maka Indonesia akan memasuki tahapan new normal. Ini yang harus dikejar bersama. “Kalau di bulan Januari tidak ada peningkatan kasus kita masuk ke dalam kondisi new normal,” pungkas Adib. {kumparan}