Meski Kalah Dari Malaysia, Timnas Indonesia Tetap Lolos Ke Semifinal Piala AFF, Ini Syaratnya

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi laga hidup mati kontra Malaysia di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Minggu 19 Desember 2021 malam WIB.

Skuad Garuda berada di atas angin. Bahkan, kekalahan dari Malaysia masih bisa meloloskan Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2020, namun dengan syarat.

Saat ini setelah melewati tiga pertandingan, Timnas Indonesia bertengger di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi tujuh angka. Skuad asuhan Shin Tae-yong memiliki poin yang sama persis dengan Vietnam di tempat kedua.

Karena unggul selisih gol yakni +6 berbanding +5, Timnas Indonesia berhak menempati posisi yang lebih baik. Bagaimana dengan Timnas Malaysia? Skuad Harima Malaya menempati tangga ketiga dengan enam angka.

Saat ini, tinggal Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia yang masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Ketiga negara ini bersaing memperebutkan dua slot ke semifinal Piala AFF 2020.

Melihat perolehan poin saat ini, Timnas Indonesia dan Vietnam berada di atas angin untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang kontra Malaysia di laga pamungkas untuk lolos.

Begitu juga dengan Vietnam yang cuma butuh hasil imbang kontra Kamboja untuk memesan tempat di semifinal Piala AFF 2020. Untuk Timnas Indonesia, kekalahan dari Malaysia juga masih meloloskan mereka ke semifinal Piala AFF 2020.

Namun, dengan syarat di laga lain Vietnam juga tumbang dari Kamboja. Jika kondisi di atas terjadi, Malaysia finis sebagai juara grup dengan sembilan poin, disusul Indonesia dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi tujuh angka.

Hanya saja, kekalahan itu juga wajib dibarengi catatan lain. Timnas Indonesia hanya diizinkan kalah tipis, semisal selisih satu gol.

Jika kekalahan yang diterima dengan selisih tiga gol, sedangkan di laga lain Vietnam cuma kalah selisih satu gol dari Kamboja, Golden Star –julukan Vietnam – yang melaju ke semifinal Piala AFF 2020.

Sekadar informasi, AFF menjadikan selisih gol sebagai indikator awal untuk menentukan posisi ketika ada dua atau tiga tim memiliki poin yang sama.

Jika selisih gol masih sama persis, perhitungan selanjutnya adalah produktivitas tim. Tim yang mencetak gol lebih banyak berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Meski begitu, harapannya kemenangan meyakinkan didapatkan Timnas Indonesia atas Malaysia. Sebab, kemenangan telak bakal membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B. {okezone}