Tekno  

Pemerintah Kanada Diam-Diam Lacak Dan Mata-Matai 33 Juta Ponsel Rakyatnya

Pemerintah federal Kanada mengaku diam-diam memata-matai pergerakan warganya selama jam malam Covid-19 dengan melacak sebanyak 33 juta ponsel.

“Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) memata-matai perangkat untuk mengakses respons publik selama jam malam Covid-19,” kata badan itu pekan lalu, membenarkan laporannya oleh publikasi internet Blacklock’s Reporter tulis The New York Time dalam laporannya Minggu (26/12/2021).

Menurut badan Statistik Kanada, negara ini memiliki populasi 38 juta.

“Bukti datang dari banyak sumber, dari negara-negara di seluruh dunia bahwa apa yang dilihat sebagai spionase pasca-9/11 (untuk tujuan keamanan) sekarang diambil alih oleh spionase pandemi,” kata David Lyon, penulis laporan berjudul Pandemic Surveillance.

PHAC membeli data lokasi dan pergerakan dari raksasa telekomunikasi Kanada, Telus untuk memahami hubungan antara pergerakan populasi di Kanada dan penularan Covid-19.

Organisasi kesehatan masyarakat berencana untuk terus memata-matai pergerakan warga Kanada setidaknya selama lima tahun ke depan dalam upaya untuk mengendalikan penyakit menular lainnya, mencegah penyakit kronis dan memantau kesehatan mental warganya. {sindo}