BWF Pastikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior Bakal Hadir Lagi Tahun 2022

KEJUARAAN Dunia Bulu Tangkis Junior atau BWF World Junior Championship resmi digelar kembali pada 2022. Ajang tertinggi bagi pebulu tangkis di bawah 19 tahun ini hadir dengan trofi Eye Level Cup yang baru.

Sebagaimana diketahui, ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior terakhir kali terselenggara pada 2019. Setelah dari situ, dua edisi ajang ini harus dibatalkan karena adanya pandemi Covid-19.

Pada 2020, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior yang sedianya akan digelar di Selandia Baru harus batal digelar. Begitu juga pada 2021, turnamen yang sempat diagendakan akan digelar di China ini juga tak bisa diadakan karena ketidaklayakan tempat.

Alhasil, turnamen diundur hingga tahun depan. Pada 2022, ajang ini dipastikan akan digelar di Spanyol pada Oktober.

Detailnya, turnamen untuk tim beregu campuran digelar pada 17-22 Oktober 2022. Kemudian, ajang akan dilanjutkan ke kegiatan pendidikan dan kebudayaan pada 23 Oktober.

Adapun kompetisi per orangan akan digelar mulai keesokan harinya, atau pada 24 hingga 30 Oktober 2022. Rentetan acara ini tidak berubah sebagaimana dua tahun lalu di Kazan, Rusia.

Berdasarkan laman resminya, BWF yakin dan berkomitmen untuk Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior yang berlangsung pada 2022 tersebut. BWF berharap Turnamen Sirkuit Junior juga dapat dilanjutkan ke tingkat yang lebih besar di semua wilayah pada kuartal pertama 2022.

Terlepas dari itu, ada hal unik yang tersaji dalam penyelenggaraan ajang tersebut di tahun depan, yakni tampilan baru dari trofi yang biasa disebut Eye Level Cup. Trofi ini disumbang langsung oleh Mantan Presiden BWF dan ketua Yayasan Budaya Pemuda Dunia, Dr Kang Young Joong.

Sebanyak lima Piala Eye Level baru akan diberikan kepada para pemenang di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2022. Hal ini diyakini menjadi awal dari keberlanjutan turnamen ini dalam jangka panjang.

Sebagaimana diketahui, trofi di ajang ini terbagi dua, yakni Suhandinata Cup untuk grup dan Eye Level Cup untuk per orangan. Dengan pemutakhiran di setiap tahunnya hingga 2019, piala ini masih diberikan kepada para juara.

Bentuk yang identik dengan “kuping” dan penutup di atas trofi dengan replika seperti burung, kini tidak lagi digunakan. Piala tersebut sekarang berbentuk tegak lurus tanpa memiliki kuping. Kendati demikian, sentuhan emas masih medominasi trofi ini.

Berikut Jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2022:

Turnamen Tim Beregu Campuran: 17-22 Oktober 2022

Kegiatan Pendidikan/Kebudayaan: 23 Oktober 2022

Turnamen Individu: 24-30 Oktober 2022 {okezone}