Kisah Inspiratif Shalika Aurelia, Dulu Diejek Gendut Kini Membela Klub Liga Italia Serie B Roma Femminile

Pilar Timnas Wanita Indonesia, Shalika Aurelia, berhasil mencuri perhatian belakangan ini karena direkrut klub Liga Italia, Roma Calcio Femminile (Roma CF). Menariknya, Shalika ternyata dulu pernah diejek karena memiliki tubuh yang gendut.

Hal itu diungkapkan rekan setim Shalika di Garuda Pertiwi, Zahra Muzdalifah. Menurut Zahra, karena tubuh Shalika kurang ideal sebagai pesepak bola membuatnya kerap kali diremehkan.

Selain itu, Shalika akrab dengan bangku cadangan. Zahra pun kagum dengan motivasi rekan setimnya itu demi bangkit dan maju.

“Shalika tuh dulu gendut banget. Dia dulu sering dikatain gendut, lalu diremehkan karena penghangat bangku cadangan, tapi dia bangkit. Saya suka banget motivasi dia,” kata Zahra usai menjalani partai uji coba menghadapi Persib Bandung Wanita di Stadion Madya, Senayan, Jumat (14/1/2022).

Shalika ternyata tidak menyerah dan terus berjuang sekuat tenaga. Pada akhirnya, Shalika pun membuktikan kualitasnya dan menjadi wanita Indonesia pertama yang berhasil direkrut oleh klub Eropa.

Shalika bergabung bersama tim divisi kedua Liga Italia Putri, Roma Calcio Femminile (Roma CF). Selain fisik dan teknik bermainnya, keseriusan dan sikap profesional Shalika menjadi pertimbagan Roma CF untuk memboyong wanita berusia 18 tahun tersebut.

Zahra pun kagum dengan pencapaian Shalika yang berhasil tembus ke sepak bola Benua Biru. Perjuangan Shalika ini seolah menjadi bukti bahwa usaha yang dilakukannya selama ini tidak sia-sia.

“Saya bisa bermain greget dan main ngotot itu sebenarnya karena dia, karena saya termotivasi. Saya suka sikapnya dia,” sambungnya.

Zahra kemudian tidak menyangka bahwa Shalika akhirnya bisa bergabung bersama klub Eropa. Padahal, Zahra lebih dulu terjun ke dunia sepak bola, tetapi dirinya mengaku seolah seperti dilangkahi.

“Saya terjun ke dunia sepak bola umur tujuh tahun, sedangkan dia (Shalika) umur 14 tahun. Dari saya melihat dia berjuang, itu (bermain di Eropa) jadi goals banget buat saya,” sambungnya.

“Dan sekarang dia dikontrak di sana, maka saya bilang ‘OTW Shal, tahun ini adalah tahun kita’,” tutupnya.

Fans sepak bola Indonesia tampaknya harus bersabar menunggu kiprah Shalika bersama Roma CF. Pasalnya menurut laman Soccerway, dua laga Roma CF pada bulan Januari harus ditunda. Dikabarkan oleh situs resmi mereka, laga tersebut ditunda karena meningkatnya kasus Covid-19 di Italia.

Sementara itu, Zahra sendiri mengakui dirinya akan segera bergabung bersama klub Eropa usai ajang Piala Asia Wanita 2022. Namun, dirinya masih enggan menyebutkan klub Eropa dari negara mana yang hendak dibelanya.

Indonesia akan melakoni laga pembuka Piala Asia 2022 menghadapi Australia pada 20 Januari 2022, dilanjutkan dengan menghadapi Thailand pada 24 Januari 2022 dan Filipina pada 27 Januari 2022. Timnas Wanita Indonesia akan berangkat ke India pada 16 Januari 2022 mendatang. {inews}