News  

Panglima TNI Mutasi 5 Pangdam, Dari Siliwangi Hingga Cendrawasih

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi pada sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI, termasuk beberapa Panglima Kodam (Pangdam).

Mutasi ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, yang diterbitkan 21 Januari 2022.

Sejumlah Pati TNI yang menduduki jabatan baru adalah:

1. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dipromosikan sebagai Pangkostrad. Posisi yang ditinggalkan Mayjen Maruli akan diisi oleh Mayjen Sonny Aprianto, yang sebelumnya merupakan Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN

2. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subianto, dipromosikan sebagai Wakil KSAD. Agus menggantikan Letjen Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Danjen Akademi TNI.

Sementara posisi yang ditinggalkan Agus akan digantikan oleh Mayjen Kunto Arief Wibowo, yang sebelumnya adalah Pangdivif-3 Kostrad.

3. Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dimutasi menjadi Pangkogabwilhan III. Posisi yang ditinggalkan Cantiasa akan diisi oleh Mayjen Gabriel Lema.

4. Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, dipromosikan sebagai Dankodiklatad. Mayjen Yogo menggantikan Letjen AM Putranto yang memasuki masa pensiun.

5. Pangdam IV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno yang menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan). Posisinya digantikan Mayjen Andi Muhammad. {kumparan}