Mensos dan Istiqlal Luncurkan Program 2 Juta Dai

Mensos Idrus Marham Istiqlal Luncurkan Program 2 Juta Dai

“Jadi Kemensos ada 26 masalah sosial sosial. Dan bukan hanya anak yatim, tapi lebih dari itu. Pendidikannya itupun kami harus perhatikan sungguh-sungguh,” kata Idrus di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat saat menggelar santunan bagi seribu anak yatim piatu, Jumat (8/6).

Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengatakan, masalah sosial bukan hanya berkutat dengan kemiskinan atau bagi-bagi sembako. Menurut dia, paham radikalisme juga jadi bagian degradasi sosial. Idrus menambahkan, kehidupan di bulan suci Ramadhan harusnya bisa terus dibudayakan di bulan lainnya. Saling berbagi dan saling mengasihi bisa untuk menekan paham-paham radikalisme.

Idrus melanjutkan, pihaknya akan bicara dan bekerjasama dengan Masjid Istiqlal dan pengurusnya untuk menggelar program lainnya. Termasuk soal terkait kepentingan persatuan umat.

“Seperti memunculkan dai-dai dengan kompetensi luar biasa yang tentunya menggambarkan soal kepentingan umat dan bangsa. Umat Islam di Indonesia bisa mengimplementasikan ajaran Islam rahmatan lil alamin,” ujar Idrus.

Idrus menambahkan, pengembangan soal paham anti radikalisme harus disuarakan seluruh dai. Idrus menuturkan, pihaknya mewacanakan acara rutin pengembangan dai di seluruh Indonesia.

“Jadi bukan hanya 200, tapi kalau perlu 200 ribu atau lebih dari itu 2 juta. Itu perlu kita pikirkan sebagai terdepan untuk mencerdaskan umat dan bangsa,” tutur politisi Golkar asal Sidrap.

Imam Besar Istiqlal KH Nasarudin Umar mengatakan, jika umat Islam 200 juta, maka idealnya ada 2 juta mubaligh. “Pelan tapi pasti, kami menyesuaikan konten materi. Kami harap dengan penyebaran 2 juta mubalig dengan materi dakwah yang mencerdaskan, saya kira bangsa ini akan terselesaikan dengan bahasa agama,” tutup Nasarudin.