Survei Trust Indonesia: Singkirkan PDIP, Golkar Raih Popularitas Tertinggi

Golkar menjadi partai dengan tingkat popularitas dan kedisukaan tertinggi dalam hasil survei nasional lembaga Trust Indonesia Research & Consulting. Partai Golkar meraih 93,9 persen mengungguli PDIP yang ada di urutan kedua dengan 92,3 persen.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research & Consulting Azhari Ardinal menuturkan, Golkar menempati posisi teratas dalam polularitas dan kedisukaan responden.

“Tingkat popularitas partai politik tertinggi diraih oleh Partai Golkar 93,9 persen disusul oleh PDIP 92,3 persen dan partai Gerindra dengan 91,6 persen,” tutur Azhari dalam keterangan, Senin (31/1/2022).

Azhari menambahkan, selain popularitas, kedisukaan tertinggi diraih Partai Demokrat dengan 66,8 persen, disusul Gerindra dengan 65,9 persen dan Partai Golkar 61, 5 persen.

Sementara, tingkat elektabilitas partai politik tertinggi hari ini diraih PDIP dengan 21,8 persen disusul Gerindra 17,3 persen, dan Partai Golkar 10,6 persen. Masih ada 13,3 persen yang belum menentukan pilihan atau undecided voters.

Dalam survei kali ini, Azhari mengatakan, alasan utama responden memilih partai politik adalah lantaran sudah terbiasa memilih partai dan sejak dulu sebanyak 23,4 persen. “Pengaruh tokoh agama atau masyarakat (10,7 persen),” ujar dia.

Ia membeberkan, alasan lain responden pindah dalam memilih partai politik dikarenakan ada tokoh partai lain yang disukai sebanyak 22,8 persen. “Biasanya partai yang sebelumnya dipilih tidak menempati janji dengan 16,6 persen,” tutur Azhari.

Survei Trust Indonesia Research & Consulting dilakukan pada 3-12 Januari 2022 secara tatap muka. Jumlah responden dalam survei sebanyak 1.200 yang diambil secara proporsional berimbang (50:50) laki-laki dan perempuan berdasarkan basis tempat pemungutan suara (TPS) by name, by addres. Margin of error sebesar ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. {rep}