News  

UGM Masuk 10 Besar Kampus Dunia Paling Ngetop di Instagram, Bersama Oxford dan Harvard

Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk 10 besar kampus paling ngetop di dunia dari hasil riset terhadap interaksi akun resmi di Instagram. Nama UGM bersandingan dengan kampus unggulan dunia seperti Harvard University, Stanford University, dan The University of Oxford.

Riset tersebut dilakukan oleh emplifi.io lembaga yang fokus pada big data, digital marketing, branding, dan media sosial. Hasil riset itu berdasarkan interaksi di akun media sosial berbagai kampus.

“UGM adalah kampus satu-satunya yang masuk 10 besar dari Indonesia,” kata Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono, dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Selasa (1/2).

Gugup menjelaskan bahwa hasil ini dirilis Emplifi di akhir Januari. Mayoritas kampus yang masuk 10 besar berlokasi di Amerika Serikat dengan 7 kampus, serta 2 kampus dari Inggris, dan 1 dari Indonesia.

Gugup mengatakan, ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi UGM. “UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pengelolaan web hingga media sosial di era sekarang sangat penting. Dari situlah citra sebuah institusi dikembangkan. Ini juga merupakan wujud adaptasi dalam komunikasi publik.

“Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan potensi yang besar bagi perguruan tinggi untuk memperluas jangkauan komunikasi publik dengan memanfaatkan beragam platform yang tersedia,” jelasnya.

Jika dikelola dengan baik, maka media sosial dapat menjadi sarana penyampaian informasi yang efektif dan menjangkau secara luas. Sejumlah medsos turut dirambah UGM seperti Facebook hingga Tiktok.

Dengan langkah ini, audiens yang dijangkau juga lebih beragam. Termasuk dari sisi jangkauan usia yang lebih luas.

“UGM akan terus beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu, informasi yang disampaikan dapat semakin menjangkau generasi muda namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya,” bebernya.

Sementara itu, versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 pada awal 2022, UGM berada di posisi pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia terpopuler di media sosial versi, khususnya pada platform Facebook dan Instagram. {kumparan}