Tekno  

Jual Meme Paus Aneh di NFT, Bocah 12 Tahun Ini Lebih Kaya Dari Ghozali Everyday

Nama Ghozali Everyday belakangan menjadi viral. Nama mahasiswa itu ramai diperbincangkan usai mendapat keuntungan hingga Rp1,3 miliar dari berjualan foto-foto selfienya di Non-Fungible Token (NFT).

Ghozali sendiri menjual foto selfie dengan muka datar. Foto-foto yang diambil sejak 2017 itu kemudian iseng dia jual ke NFT dan ternyata laku sehingga menghasilkan pundi-pundi.

Namun jauh sebelum Ghozali, ada juga bocah 12 tahun yang meraup keuntungan yang lebih banyak dari berjualan di NFT. Benyamin Ahmed, nama bocah itu.

Dikutip dari BBC, Ahmed yang berasal dari Inggris ini mengantongi uang US$400 ribu atau setara Rp5,7 miliar dari koleksi meme weird whales (paus aneh) yang dijual di NFT.

Koleksi ini berisi sekumpulan gambar paus dengan macam-macam karakteristik.

Ahmed mulai mulai membuat meme paus aneh itu pada Juli 2021 lalu melelangnya sebagai NFT. Koleksi Ahmed terjual habis dalam sembilan jam dan berhasil meraup 80 token ether yang saat itu bernilai sekitar US$248.000.

“Aku menonton beberapa video YouTube dan mencari tahu cara menggambar paus dalam bentuk pixel dengan sangat cepat,” kata Ahmed.

Selain dapat ether, Ahmed juga berhak atas komisi royalti 2,5 persen setiap kali NFT meme tersebut dijual di pasar sekunder. Perjanjian tersebut membuatnya menghasilkan 30 ether tambahan.

Sampai Agustus 2021 total keuntungan yang didapat Ahmed mencapai US$400.000 atau sekitar Rp5,7 miliar. {kumparan}