Tekno  

Ini Cara Bikin Status WhatsApp Hanya Bisa Dilihat Teman Atau Keluarga Saja

WhatsApp sudah lama punya fitur Status. Fungsinya mirip dengan Facebook dan Instagram Stories, yakni berbagi tampilan teks, foto, hingga video yang akan hilang setelah 24 jam.

WhatsApp Status yang kamu buat bisa dilihat orang lain, entah teman atau anggota keluarga, yang menyimpan nomor teleponmu. Begitu juga sebaliknya, kamu dapat melihat WA Status mereka jika menyimpan nomor teleponnya.

Secara default, WhatsApp Status akan dibagikan ke semua kontak. Apabila kamu ingin membaginya hanya untuk orang-orang tertentu, seperti teman dekat atau keluarga, aplikasi pesan milik Facebook ini menyediakan caranya.

Kamu bisa menyembunyikan WA Status dari kontak tertentu yang dipilih. Begini caranya.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, baik Android maupun iPhone. Pengaturan WhatsApp Status hanya bisa dilakukan di smartphone, tidak di WhatsApp Web maupun Desktop.

2. Pilih tab Status

Selanjutnya, tekan tab Status dan pilih more dengan menekan tombol ikon tiga titik vertikal di kanan atas layar.

3. Atur privasi WhatsApp Status

Kemudian, kamu pilih “Status Privacy”. Di halaman ini terdapat tiga pilihan: “My contact” untuk menampilkan status ke semua kontak; “My contact except…” untuk menyembunyikan kontak tertentu; “Only share with…” menampilkan status untuk kontak yang dipilih, mirip seperti fitur Close friend di Instagram Stories.

4. Pilih “Only Share with..”

Kamu bisa pilih “Only Share with..”. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih nomor kontak yang bisa melihat WA Status-mu, bisa teman dekat atau keluarga. Setelah selesai, tekan ikon centang hijau, dan tekan “Done”.

Selain Status, aplikasi WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengatur privasi pada informasi Last Seen, foto profil, hingga bio.

Bedanya dengan Status, fitur hanya menyediakan tiga opsi: Everyone (semua orang yang simpan nomor kamu), My contacts (hanya kontak yang kamu simpan), dan Nobody (sembunyikan informasi dari semua orang). {kumparan}