Penyanyi Dangdut Senior Yus Yunus Meninggal Dunia Di Usia 59 Tahun

Dunia industri musik kehilangan sosok penyanyi dangdut senior Yus Yunus. Pelantun lagu Sapu Tangan Merah ini mengembuskan napas terakhirnya pada dini hari, Jumat (25/02) di usia 59 tahun.

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab meninggalnya pelantun Gadis Malaysia ini.

Profil Yus Yunus

Yus Yunus diketahui lahir di Sumenep, 19 September 1962. Dia dibesarkan di keluarga yang berlatar belakang pedagang. Keluarganya sempat menentang keinginan Yus Yunus untuk menjadi penyanyi.

Namun, kegigihan Yus Yunus tidak pernah padam. Dia memutuskan untuk berangkat ke Jakarta dan bekerja sebagai pengantar susu ke hotel-hotel. Di tengah kesibukannya itu, Yus Yunus tetap berupaya menjual karya-karya ke sejumlah perusahaan rekaman.

Yus Yunus mengawali kariernya sebagai penyanyi dangdut pada tahun ’90-an. Melalui lagu Sapu Tangan Merah, Yus Yunus mulai dikenal masyarakat. Dia juga populer dengan lagu-lagunya yang berbahasa Madura.

Yus Yunus pernah berduet dengan beberapa pedangdut wanita. Pria ini pernah berduet dengan penyanyi dangdut ternama, Elvy Sukaesih. Kemudian, Yus Yunus juga duet bersama Erie Suzan dengan membawakan lagu Bingkisan Rindu.

Yus Yunus juga mengajak Lilin Herlina penyanyi dangdut senior asal Jawa Timur. Mereka menyanyikan lagu ciptaan dari Yus Yunus sendiri yang berjudul Ajun.

Menggandeng sang adik, Ervi Karina, Yus Yunus mengeluarkan lagu dengan judul Seng Tak Fikir. Selama menjadi penyanyi dangdut, Yus Yunus terhitung telah merilis 11 album solo.

Selain di industri musik, Yus Yunus juga pernah mencoba peruntungannya di dunia politik. Di tahun 2018, Yus Yunus maju sebagai calon DPR RI lewat Partai Amanat Nasional daerah pemilih Lumajang-Jember. {kumparan}