Moeldoko Bisa Bantu Jokowi Kalahkan Prabowo

Moeldoko Bisa Bantu Jokowi Kalahkan Prabowo Radar Aktual

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (purn) Moeldoko merupakan satu dari lima nama yang muncul sebagai cawapres ideal petahana Joko Widodo versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Dijelaskan peneliti senior LSI Adjie Alfarabi bahwa Moeldoko memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah latar belakang Moeldoko yang bisa diterima oleh partai politik pendukung Jokowi. Sebab, mantan Panglima TNI itu merupakan representasi dari kalangan profesional.

“Sehingga tidak menghadapi resistensi dari partai-partai politik koalisi pendukung Jokowi,” kata Adjie Alfarabi, Senin (16/7/2018) siang.

Selain itu, kedekatan Moeldoko dengan Jokowi hingga dia dipercaya sebagai Kepala KSP juga menjadi nilai tambah. Sebab, KSP merupakan jabatan strategis di Istana.

Tidak hanya itu, latar belakang militer yang dimiliki Moeldoko juga bisa membantu Jokowi melawan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang kini digadang-gadang akan menjadi lawan di Pilpres 2019.

“Moeldoko yang berlatar militer juga dapat mengimbangi kompetitor Jokowi yang juga militer,” jelasnya.

Hal senada diutarakan pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin. Menurutnya, pengusungan Moeldoko sebagai cawapres Jokowi bisa memecah suara pemilih yang menyukai figur militer.

Sebab, suara tersebut selama ini terkonsolidasi di kubu Prabowo dan mantan panglima TNI Jenderal (purn) Gator Nurmantyo. “Bisa terbagi ke kubu petahana jika Moeldoko yang menjadi cawapres Jokowi,” tukasnya.

Dalam rilis survei LSI, Selasa (10/7) lalu, Moeldoko masuk dalam lima nama cawapres ideal Jokowi. Dia bersanding dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Kapolri Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.