Ini Alasan BWF Putuskan Tanggal 5 Juli Jadi Hari Badminton Seluruh Dunia

Federasi BuluTangkis Dunia (BWF) memilih 5 Juli sebagai Hari Badminton Seluruh Dunia yang akan diperingati untuk kali pertama pada tahun ini.

Tanggal 5 Juli dipilih BWF tentunya bukan tanpa alasan. Dikutip dari laman PB Djarum, pada 87 tahun silam, tepatnya pada 5 Juli 1934, Federasi Bulutangkis Internasional (kini BWF) berdiri.

Presiden BWF Poul-Erik Høyer Larsen menyebutkan bahwa Hari Badminton Seluruh Dunia menjadi kesempatan untuk mewayakan sekaligus mempromisikan olahraga tepok bulu ini.

“Hari Bulutangkis Dunia merupakan kesempatan unik bagi kita dalam merayakan sekaligus mempromosikan olahraga yang kita cintai ini. Saya terkesan dengan rencana berbagai kegiatan dalam Hari Bulutangkis Dunia ini,” kata Presiden BWF Poul-Erik Høyer Larsen dikutip dalam laman resmi BWF.

“Saya juga tertarik mengikuti sekaligus mengamati dampak dari rangkaian kegiatan pada hari bersejarah tersebut bagi dunia olahraga,” imbuhnya.

Semua induk organisasi bulutangkis dari berbagai negara, klub-klub, komunitas, serta para pecinta olahraga bulutangkis, diimbau untuk turut menggemakan peringatan Hari Bulutangkis Sedunia pada 5 Juli.

Hari Bulutangkis Dunia Perlu Dukungan Banyak Pihak

BWF juga menyebutkan, Hari Bulutangkis Sedunia perlu melibatkan masyarakat dan komunitas, melalui kegiatan terkait bulutangkis yang inovatif dan menarik. Kegiatan ini digelar secara bersamaan di berbagai kota di dunia.

“Kegiatan dalam rangka Hari Bulutangkis Sedunia di berbagai belahan dunia ini memiliki tema besar yang sama, yakni bersama-sama merayakan serta mempromosikan bulutangkis,” tulis BWF.

Sementara itu, pebulutangkis Indonesia segera mengikuti ajang bergengsi yang merupakan agenda BWF.

Di awali oleh ajang German Open 2022, di mana BWF World Tour Super 300 yang akan berlangsung di Mulheim An der Ruhr, Jerman, pada 8-13 Maret 2022.

Skuat Indonesia di Turnamen Besar BWF

Kemudian dilanjutkan dengan ajang yang paling dinantikan yakni All England 2022, di mana Indonesia menurunkan skuat penuh termasuk ganda putra no 1 dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang akhirnya lama dinanti.

Pemain lain yang akan tampil di All England 2022 ialah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu,Praveen Jordan/Melati DaevaAnthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska dkk.

Terakhir ada Swiss Open 2022, dengan ajang BWF World Tour Super 300 itu akan digelar di St.Jakobshalle. Basel, Swiss. {indosport}