FIFA Resmi Coret Rusia Dari Piala Dunia 2022, Polandia Diuntungkan

Timnas Rusia telah dipastikan tak akan berlaga di Piala Dunia 2022. Hal itu menyusul pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pada Selasa (8/3).

Atlet dan tim-tim asal Rusia telah mendapatkan sejumlah hukuman menyusul aksi invasi Rusia kepada Ukraina sejak 24 Februari lalu. Beberapa turnamen olahraga yang rencananya dihelat di Rusia juga telah dibatalkan.

Terbaru, FIFA memastikan Rusia ditendang dari Piala Dunia 2022. ‘Beruang Merah’ sendiri seharusnya masih berada di babak playoff untuk memperebutkan tiket ke putaran final.

Rusia tergabung dalam Path B dan dijadwalkan untuk melawan Polandia pada 25 Maret mendatang. Namun, FIFA memutuskan Polandia lolos ke final Path B.

“Setelah keputusan 28 Februari 2022 diambil bersama dengan Komite Eksekutif UEFA untuk menangguhkan semua tim Rusia dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sampai pemberitahuan lebih lanjut, Biro Komite Penyelenggara FIFA memutuskan bahwa Polandia akan menerima bye untuk final Jalur B,” tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi.

Dengan begitu, hilang sudah harapan Rusia untuk bersaing di Piala Dunia 2022. Sementara itu, Polandia akan melawan pemenang dari duel Swedia vs Republik Cheko.

Sebelumnya, FIFA memang telah menyatakan sikap atas konflik Rusia-Ukraina pada 28 Februari lalu. Salah satu hukumannya adalah Rusia dilarang mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu nasional.

Tidak ada kompetisi internasional yang dimainkan di wilayah Rusia, dengan pertandingan “kandang” dimainkan di wilayah netral dan tanpa penonton.

Asosiasi anggota yang mewakili Rusia harus berpartisipasi dalam kompetisi apa pun dengan nama “Football Union of Russia” (RFU) dan bukan “Rusia”.

Bendera atau lagu kebangsaan Rusia tidak akan digunakan dalam pertandingan yang diikuti oleh tim dari Persatuan Sepak Bola Rusia. {kumparan}