News  

Ini 10 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2022

Pada 2020, Indonesia sempat mengalami resesi untuk pertama kalinya sejak 1998 akibat pandemi COVID-19 yang melanda. Namun, pada 2021, sudah muncul kembali tanda-tanda pemulihan.

Sebagai pengekspor minyak sawit mentah dan batubara termal terbesar di dunia, Indonesia diuntungkan ketika harga komoditas ini melonjak pada 2021. Ekspor besi dan juga baja berjalan dengan baik.

Untuk di 2022, prospek ekonomi kawasan juga terlihat positif sebagian karena kenaikan harga komoditas.

Secara keseluruhan, pasar kerja Indonesia sendiri terlihat bagus pada 2022, terutama di sektor-sektor yang menjadi pendorong utama perekonomian.

Sebagai negara terpadat di kawasan Asia Tenggara dengan tantangan geografisnya sendiri, ada banyak peluang bagi perusahaan fintech lokal untuk mengatasi masalah-masalahnya yang unik.

Untuk membantu para pencari kerja memutuskan langkah selanjutnya dalam berkarier, di bawah ini adalah daftar dengan gaji tertinggi di Indonesia dilansir laman Michael Page.

Peran C-Suite

Enggak mengherankan jika para eksekutif merupakan salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia.

seorang Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COF), mendapatkan kisaran dari Rp 150 juta hingga Rp 25o juta per bulannya dalam disiplin ilmu dari properti dan konstruksi, konsumen dan ritel, bisnis dan layanan keuangan, hingga industri dan manufaktur.

Seperti peran lainnya, remunerasi untuk peran C-suite ini juga didasarkan pada pengalaman para kandidat, ukuran perusahaan, dan juga sektor.

Risk Director

Dengan banyak bisnis yang mengalihkan operasi perusahaannya menjadi online, risk management baik itu financial risk, strategic risk, atau compliance risk, telah menjadi prioritas yang lebih besar dari sebelumnya.

Itulah sebabnya risk director yang punya pemahaman kuat tentang kompleksitas masalah risiko sangat dibutuhkan, khususnya di industri jasa keuangan. Para profesional di bidang ini bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 180 juta per-bulan.

Country Sales Manager

Country sales manager di sektor industri konsumen dan ritel mampu memimpin tim penjualan perusahaannya menuju kesuksesan besar yang bisa mendapatkan kompensasi yang luar biasa.

Mereka dapat membawa pulang gaji sekitar Rp 175 juta sebulan dan ini lebih dari apa yang dihasilkan oleh rekan-rekan mereka di industri lain.

Meskipun sedang terjadi pandemi COVID-19, industri konsumen dan ritel baik-baik saja. Indonesia juga merupakan negara terpadat keempat di dunia dan punya kelas menengah yang meningkat.

Inilah kemungkinan akan melihat ekspansi pasar yang stabil di bidang barang dan jasa jika industri manajemen rantai pasokan dapat menyelesaikan masalah di daerah yang lebih terpencil.

Vice President, Government Relations

Pandemi COVID-19 telah membuat berbagai sektor mengalami transformasi digital besar-besaran. Termasuk Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Oleh karena itu, berbagai industri seperti konstruksi, sumber daya alam, manufaktur, dan keuangan kini bekerja sama dengan perusahaan rintisan teknologi lokal untuk meningkatkan otomatisasi digital dan menuai efisiensi yang lebih besar.

Hal ini juga menciptakan situasi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, yaitu BUMN dapat memanfaatkan kemampuan dan pengetahuan perusahaan rintisan teknologi, sementara perusahaan rintisan dapat menikmati aliran pendapatan yang stabil dari BUMN.

Hubungan antara perusahaan rintisan dan negara telah membuat perusahaan digital dan teknologi mencari vice president, government relations.

Orang ini harus menjadi pengacara yang punya pengetahuan industri yang diperlukan dan bisa bernegosiasi dengan baik dengan entitas pemerintah. Seorang vice president government relations akan diberikan kompensasi sekitar Rp 170 juta sebulan.

Vice President, Data Science

Selain ahli dalam menggunakan data untuk mencapai tujuan bisnis, seorang vice president data science juga harus punya people skill yang baik. Orang ini harus menjadi manajer proyek terkemuka yang dapat memimpin tim dan mengelola kebutuhan klien.

Seorang vice president data science dapat mendapatkan sekitar Rp 150 juta per bulannya. Dengan banyaknya bisnis yang ingin membangun tim ilmu data dan analitik di 2022, para profesional teknologi informasi dengan kemampuan di bidang ini akan sangat dibutuhkan.

Head of Corporate Strategy

Kepala atau direktur corporate strategy in business & financial services akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp 150 juta dalam satu bulan. Orang ini dapat mendukung kepemimpinan bisnis puncak, mendorong upaya strategis untuk mencapai tujuan pengembangan bisnis jangka panjang.

Project Director

Meski Indonesia tetap menjadi salah satu pengekspor batu bara terbesar di dunia, sumber daya mineral juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB negara.

Project director yang bertanggung jawab untuk mengelola proyek-proyek rekayasa akan mendapatkan gaji sekitar Rp 150 juta per bulannya.

Mereka juga akan membutuhkan pegangan pada isu-isu strategis yang berkaitan dengan optimalisasi biaya, reformasi pajak, efisiensi proses, dan perubahan iklim.

Operations Director

Manufaktur adalah pilar utama ekonomi Indonesia dan menyumbang lebih dari 20 persen dari PDB negara. Selain biaya tenaga kerja yang menarik, daya beli masyarakat lokal yang meningkat adalah alasan lain di balik ledakan manufaktur Indonesia.

Oleh karena itu, sektor industri dan manufaktur selalu mencari operations director yang baik dan akan mendapatkan gaji sekitar Rp 140 juta dalam satu bulan.

Technical Director

Industri properti dan konstruksi juga saat ini tengah baik-baik saja dan telah pulih dari yang terjadi saat pandemi COVID-19 pada 2020. Hal ini disebabkan oleh pengeluaran pemerintah yang kuat untuk proyek infrastruktur publik.

Para ahli di bidang ini akan sangat diminati dan diberikan kompensasi yang baik. Seorang managing director di operations akan mendapatkan sekitar Rp 140 juta per bulan, sedangkan technical director di engineering akan mendapatkan sekitar Rp 130 juta per-bulan.

Marketing Director

Pemasaran adalah fungsi penting di dalam bisnis apa pun, baik itu B2B atau pun B2C. Tim pemasaran akan bertanggung jawab atas strategi pemasaran dan komunikasi perusahaan untuk membantu meningkatkan kesadaran merek, serta menciptakan citra merek yang sesuai.

Seorang marketing director bekerja di lingkungan yang sangat matriks. Oleh karena itu butuh gambaran besar tentang bagaimana berbagai departemen dapat bekerja sama untuk mendorong strategi yang koheren untuk kampanye mereka.

Di antara berbagai sektor, marketing director di konsumen dan ritel serta industri dan manufaktur akan mendapatkan gaji antara Rp 120 juta hingga Rp 130 juta per bulannya. {kumparan}